Find Us On Social Media :
ilustrasi Contoh Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang Lengkap (canva by Vanessa Garcia from Pexels)

Contoh Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang Lengkap

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Kamis, 2 Mei 2024 | 08:07 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang Lengkap.

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak menghadirkan konsep penting tentang koneksi antar materi.

Dalam modul ini, para Calon Guru Penggerak (CGP) didorong untuk menghubungkan berbagai materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan visi mereka sebagai pemimpin pembelajaran yang memerdekakan murid.

Koneksi ini menjadi kunci dalam merumuskan strategi yang efektif untuk mewujudkan visi tersebut.

Salah satu contoh koneksi yang kuat dapat dilihat dalam kaitan antara filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Profil Pelajar Pancasila, dan paradigma inkuiri apresiatif (IA).

Baca Juga: Contoh Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Ki Hadjar Dewantara menekankan pentingnya kemerdekaan belajar murid, di mana murid didorong untuk tumbuh dan berkembang sesuai kodrat alaminya.

Profil Pelajar Pancasila, dengan enam elemennya, mencerminkan murid yang ideal dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Paradigma IA, dengan tahapannya yang berfokus pada penghargaan terhadap apa yang ada, membayangkan masa depan yang lebih baik, menemukan inisiatif baru, dan menindaklanjuti dengan aksi, menyediakan kerangka kerja yang tepat untuk mewujudkan kemerdekaan belajar murid dan menumbuhkan profil Pelajar Pancasila.

Sebagai contoh, seorang CGP yang memiliki visi untuk menciptakan kelas yang berpusat pada murid dapat memanfaatkan paradigma IA untuk merancang pembelajaran yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan murid.

Baca Juga: Makmur Marbun Audensi Bersama Komunitas Guru Penggerak

CGP tersebut dapat memulai dengan mengapresiasi kekuatan dan potensi yang dimiliki murid melalui berbagai aktivitas, seperti refleksi diri, diskusi kelompok, dan penilaian berbasis portofolio.

Selanjutnya, CGP dapat membantu murid membayangkan masa depan yang mereka inginkan dengan mendorong mereka untuk menetapkan tujuan belajar yang ambisius dan selaras dengan minat mereka.

CGP kemudian dapat memfasilitasi murid dalam menemukan inisiatif baru untuk mencapai tujuan mereka, dengan menyediakan berbagai sumber belajar, mendorong kolaborasi antar murid, dan menciptakan lingkungan yang aman dan suportif.

Terakhir, CGP dapat mendukung murid dalam menindaklanjuti idenya dengan aksi melalui bimbingan, umpan balik, dan penghargaan atas pencapaian mereka.

Koneksi antar materi ini tidak hanya terbatas pada contoh di atas. CGP dapat menemukan berbagai koneksi lain yang relevan dengan konteks dan kebutuhan murid di sekolah mereka.

Baca Juga: Harapan dan Kekhawatiran Calon Guru Penggerak: Transformasi Pendidikan

Pentingnya Koneksi Antar Materi

Mempelajari koneksi antar materi memiliki beberapa manfaat penting bagi CGP:

Baca Juga: 7 Upaya Efektif yang Dilakukan Guru Penggerak untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran

Tips untuk Mempelajari Koneksi Antar Materi

Berikut beberapa tips untuk membantu CGP dalam mempelajari koneksi antar materi:

Baca Juga: 7 Tindakan Kepala Sekolah untuk Mendukung Transformasi Sekolah melalui Pembelajaran CGP

Koneksi antar materi merupakan aspek penting dalam pengembangan diri CGP sebagai pemimpin pembelajaran yang memerdekakan murid.

Dengan memahami dan menerapkan koneksi antar materi, CGP dapat merumuskan strategi yang efektif untuk mewujudkan visinya dan menumbuhkan profil Pelajar Pancasila di sekolah mereka.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, CGP dapat memperkaya pemahaman mereka tentang berbagai materi dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang efektif dan inspiratif.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.