Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Soal UAS PPDP PPG Prajabatan Beserta Kunci Jawabannya.
Ujian Akhir Semester (UAS) Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya (PPDP) PPG Prajabatan merupakan salah satu tahapan penting dalam proses seleksi calon guru.
Ujian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman calon guru terhadap peserta didik dan pembelajarannya.
Soal-soal UAS PPDP PPG Prajabatan umumnya terdiri dari berbagai jenis, seperti pilihan ganda, esai, dan praktik mengajar mikro.
Berikut ini adalah contoh soal UAS PPDP PPG Prajabatan beserta kunci jawabannya:
Baca Juga: Memahami Syarat Mengikuti PPG Dalam Jabatan yang Wajib Diketahui
Contoh Soal Pilihan Ganda
1. Ciri-ciri peserta didik usia SD kelas 4 adalah...
A. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang bermain
B. Memiliki kemampuan berpikir abstrak dan mulai memahami konsep
C. Memiliki emosi yang stabil dan mudah beradaptasi
D. Memiliki kemampuan motorik halus yang berkembang pesat
E. Memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik
Jawaban: A
Pembahasan: Peserta didik usia SD kelas 4 memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang bermain. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, mereka sedang dalam tahap perkembangan kognitif yang pesat dan ingin belajar tentang berbagai hal baru.
Baca Juga: Cara Daftar PPG Prajabatan 2024, Beserta Informasi Syarat dan Program Studinya
2. Pendekatan pembelajaran yang tepat untuk peserta didik usia SMP kelas 7 adalah...
A. Bermain dan belajar sambil bermain
B. Kontekstual dan berpusat pada peserta didik
C. Ceramah dan diskusi
D. Drill dan latihan
E. Hafalan dan regurgitasi
Jawaban: B
Pembahasan: Peserta didik usia SMP kelas 7 sudah mulai mampu berpikir abstrak dan memahami konsep.
Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mereka adalah kontekstual dan berpusat pada peserta didik.
Pendekatan ini memungkinkan peserta didik untuk belajar secara aktif dan menghubungkan pengetahuan yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata.
Baca Juga: Contoh Soal UAS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban
3. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah...
A. Memberikan hadiah kepada peserta didik yang berprestasi
B. Memberikan hukuman kepada peserta didik yang tidak disiplin
C. Meminta peserta didik untuk menghafal materi pelajaran
D. Memberikan peserta didik kesempatan untuk belajar secara mandiri
E. Memberikan peserta didik tes dan penilaian secara berkala
Jawaban: D
Pembahasan: Memberikan peserta didik kesempatan untuk belajar secara mandiri dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Hal ini dikarenakan peserta didik akan merasa lebih dihargai dan dipercaya untuk belajar dengan caranya sendiri.
Baca Juga: 35 Contoh Soal UP PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawabannya untuk Belajar
4. Salah satu faktor yang dapat menghambat perkembangan belajar peserta didik adalah...
A. Kurangnya dukungan dari orang tua
B. Guru yang tidak kompeten
C. Sarana dan prasarana belajar yang tidak memadai
D. Metode pembelajaran yang tidak tepat
E. Semua jawaban benar
Jawaban: E
Pembahasan: Semua jawaban di atas dapat menghambat perkembangan belajar peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung agar peserta didik dapat belajar dengan optimal.
Baca Juga: 20 Soal SJT PPG Daljab 2023 dan Kunci Jawabannya untuk Bahan Belajar
Contoh Soal Esai
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peserta didik yang berkebutuhan khusus dan berikan contohnya.
Jawaban:
Peserta didik yang berkebutuhan khusus adalah peserta didik yang memiliki kelainan fisik, mental, atau emosional yang membutuhkan pendidikan khusus agar dapat mencapai potensi maksimalnya.
Contohnya adalah peserta didik dengan autisme, tunarungu, tunanetra, atau hiperaktif.
2. Bagaimana cara guru menciptakan pembelajaran yang inklusif bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus?
Jawaban:
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus, antara lain:
- Memodifikasi kurikulum dan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik
- Menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran peserta didik
- Memberikan pelatihan kepada guru tentang cara mengajar peserta didik yang berkebutuhan khusus
- Membangun kerjasama dengan orang tua dan pihak lain terkait
3. Jelaskan bagaimana cara guru membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran.
Jawaban:
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran, antara lain:
- Menanamkan nilai-nilai moral dan karakter melalui materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran
- Memberikan contoh dan teladan yang baik kepada peserta didik
- Mendorong peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan positif
- Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menunjukkan perilaku yang baik
- Membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik dan orang tua
Contoh Soal Praktik Mengajar Mikro
1. Siapkan sebuah rencana pembelajaran mikro tentang materi "Penjumlahan Bilangan Bulat".
Jawaban:
Rencana Pembelajaran Mikro
Tema: Penjumlahan Bilangan Bulat
Subtema: Penjumlahan Bilangan Bulat Satu Angka
Kelas: 2 SD
Waktu: 15 menit
Metode: Demonstrasi dan praktik
Media: Papan tulis, spidol, kartu bilangan, lembar kerja
Langkah-langkah:
-
Pendahuluan (5 menit)
- Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, yaitu peserta didik dapat menjumlahkan bilangan bulat satu angka.
- Guru memotivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat.
-
Inti (10 menit)
- Guru menunjukkan contoh cara menjumlahkan bilangan bulat satu angka menggunakan papan tulis dan spidol.
- Guru mengajak peserta didik untuk mendemonstrasikan cara menjumlahkan bilangan bulat satu angka menggunakan kartu bilangan.
- Guru memberikan lembar kerja kepada peserta didik untuk berlatih menjumlahkan bilangan bulat satu angka.
- Guru berkeliling kelas untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.
-
Penutup (5 menit)
- Guru bersama peserta didik meninjau kembali materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang aktif dan berprestasi.
- Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk berlatih menjumlahkan bilangan bulat satu angka di rumah.
Penilaian:
- Aktivitas peserta didik
- Kemampuan peserta didik dalam menjumlahkan bilangan bulat satu angka
- Keakuratan hasil kerja peserta didik
Catatan:
- Guru dapat menyesuaikan rencana pembelajaran mikro ini dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik di kelasnya.
- Guru dapat menggunakan media dan metode pembelajaran yang lain yang lebih menarik dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Tips Sukses Mengerjakan UAS PPDP PPG Prajabatan
- Pelajari materi secara menyeluruh dan mendalam.
- Berlatih mengerjakan soal-soal latihan.
- Atur waktu dengan baik saat mengerjakan soal ujian.
- Bacalah soal dengan cermat sebelum menjawab.
- Jawablah soal dengan jelas dan terstruktur.
- Periksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan.
Contoh Soal UAS PPDP PPG Prajabatan di atas hanyalah contoh dan tidak mewakili semua materi yang diujikan dalam UAS PPDP PPG Prajabatan.
Calon guru perlu mempelajari materi secara menyeluruh dan berlatih mengerjakan soal-soal latihan agar dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi UAS PPDP PPG Prajabatan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon guru yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UAS PPDP PPG Prajabatan.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.