Find Us On Social Media :
40 Ucapan Selamat Hari Bakti TNI AU 2024 dan Sejarah Singkatnya! (https://www.tni-au.mil.id/)

40 Ucapan Selamat Hari Bakti TNI AU 2024 dan Sejarah Singkatnya!

Debbyani Nurinda - Senin, 29 Juli 2024 | 09:57 WIB

Sonora.ID – Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Bakti TNI AU 2024, lengkap dengan sejarah singkatnya yang menarik untuk diketahui.

Pada 29 Juli 2024, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merayakan Hari Bhakti TNI AU ke-77.

Peringatan Hari Bakti TNI AU bertujuan untuk mengenang dua peristiwa penting, yaitu serangan udara TNI AU ke daerah pendudukan Belanda, serta gugurnya tiga pelopor dan perintis TNI AU.

Dikutip dari laman resminya, Hari Bakti TNI AU ke-77 mengusung tema “Meneladani Patriotisme Para Pendahulu, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis untuk Indonesia Maju”.

Nah, sebagai bentuk dukungan terhadap TNI AU, Anda bisa bersama-sama meramaikan peringatan ini dengan menulis ucapan Hari Bhakti TNI AU sebagai caption di media sosial.

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Tinggal Bulan Juli 2024, Bijaksana dan Penuh Kesan

Namun sebelum melihat kumpulan ucapan selamat Hari Bakti TNI AU 2024, mari kita simak sejarah Hari Bhakti TNI AU secara singkat terlebih dahulu.

Sejarah Hari Bhakti TNI AU Secara Singkat

Melansir laman resmi TNI AU, Hari Bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) ditetapkan berdasarkan momen penting dan bersejarah di baliknya. Peristiwa tersebut memicu semangat personel TNI AU untuk terus mengabdi dan berbakti pada negeri.

Dinukil dari laman Kota Semarang, sejarah Hari Bakti TNI AU bermula saat Belanda mengingkari perjanjian Linggarjati pada 21 Juli 1947 dengan Agresi Belanda I. Akibatnya, pangkalan-pangkalan TNI AU hancur dan menimbulkan kemarahan para prajurit.

Dengan begitu, pada dini hari tanggal 29 Juli para prajurit di Pangkalan Udara Maguwo merencanakan penyerangan ke Belanda yang ditandai deru pesawat. Para prajurit pun menyerang tangsi-tangsi Belanda yang berada di Salatiga dan Ambarawa menggunakan pesawat Chureng.

Para prajurit TNI kemudian melakukan pengeboman di total tiga kota. Setelahnya pada pukul 6 pagi, pasukan kembali di Pangkalan Udara Maguwo.

Masih pada hari yang sama, di waktu sore pesawat P-40 Kittyhawk Belanda melakukan serangan balik dengan berondongan peluru. Tujuannya untuk menyasar pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan dari Palang Merah Malaya kepada Palang Merah Indonesia.

Pesawat Dakota VT-CLA pun oleng dan jatuh di Desa Ngoto, 3 KM sebelah selatan Yogyakarta. Akibatnya, beberapa prajurit gugur dan menimbulkan kedukaan mendalam di kalangan TNI AU.

Untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, maka diciptakanlah Hari Bakti TNI AU.

Baca Juga: Kolaborasi dengan TNI AU, BKKBN Beri Layanan KB Gratis di Banjarbaru

Baca Juga: 11 Negara dengan Angkatan Laut Paling Disegani di Dunia! Ada TNI AL

  • Selamat Hari Bhakti TNI AU, semoga keberanian dan dedikasimu senantiasa menerangi langit dan bumi Indonesia.
  • Hari Bhakti TNI AU, saatnya kita menghargai pengabdian dan jasa para pahlawan tanpa sayap yang menjaga kedaulatan udara negara kita.
  • Terima kasih kepada pahlawan langit yang tak kenal lelah melindungi tanah air dari segala ancaman. Selamat Hari Bhakti TNI AU!
  • Di bawah langit biru, TNI AU terbang gagah perkasa. Selamat Hari Bhakti TNI AU, teruslah menjaga langit Indonesia dengan keberanianmu!
  • Sebuah penghormatan untuk para pejuang udara yang selalu siap melindungi keamanan dan kedaulatan bangsa. Selamat Hari Bhakti TNI AU!
  • Hari Bhakti TNI AU, terima kasih atas pengorbananmu demi ketenangan dan keamanan udara Indonesia.
  • Dengan sayap dan semangat pahlawan, TNI AU menjaga langit biru tanah air. Selamat Hari Bhakti TNI AU!
  • Di ketinggian langit, keberanianmu menjaga kedaulatan negara. Selamat Hari Bhakti TNI AU, teruslah terbang menjaga tanah air!
  • Pahlawan langit, terbanglah tinggi! Selamat Hari Bhakti TNI AU, semoga setiap penerbanganmu membawa harapan dan kebanggaan bagi Indonesia.
  • Hari Bhakti TNI AU, mari bersama-sama mengangkat doa dan harapan untuk kemajuan dan kesuksesan TNI AU dalam menjaga udara negeri tercinta.
  • Selamat Hari Bakti TNI Angkatan Udara! Kami bangga dengan dedikasi dan keberanian kalian dalam setiap misi.
  • Pada Hari Bakti TNI Angkatan Udara ini, kita kenang pengorbanan dan jasa para prajurit yang telah berjuang.
  • Selamat Hari Bakti TNI Angkatan Udara! Semoga TNI AU selalu menjadi simbol kekuatan dan perlindungan bagi bangsa.
  • Dirgahayu TNI Angkatan Udara! Semoga terus berjaya dalam setiap langkah perjuangan dan pengabdian.
  • Selamat Hari Bakti TNI Angkatan Udara 2024! Teruslah menjaga langit Indonesia dengan penuh semangat dan dedikasi.
  • Selamat Hari Bhakti TNI AU ke-77! Semoga semangat juang dan keberanian selalu menyertai setiap langkah dan misi TNI AU dalam melindungi langit Indonesia.
  • 77 tahun perjalanan gemilang TNI AU mengabdi untuk negeri. Semoga keberanian dan pengabdian kalian menjadi inspirasi bagi generasi muda. Selamat Hari Bhakti TNI AU!
  • Dalam tiap detak jantung, ada semangat kebanggaan menjadi bagian dari TNI AU. Selamat Hari Bhakti TNI AU ke-77!
  • Terima kasih TNI AU atas pengabdian dan dedikasimu dalam melindungi tanah air. Selamat Hari Bhakti TNI AU ke-77, semoga terus sukses dalam tugas-tugas mendatang.
  • 77 tahun menjadi penjaga langit Indonesia, TNI AU tak pernah berhenti berjuang untuk keamanan dan kedaulatan bangsa. Selamat Hari Bhakti TNI AU! #HUTTNIau77
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News