Find Us On Social Media :
Ilustrasi KIP Kuliah 2024. (Puslapdik Kemdikbud)

3 Contoh Detail Ayah Sebagai Petani untuk KIP Kuliah 2024

Dita Tamara - Senin, 29 Juli 2024 | 10:35 WIB

Sonora.ID – Simak tiga contoh detail Ayah sebagai petani untuk KIP kuliah 2024 berikut ini.

KIP kuliah merdeka merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan Seolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Bagi siswa yang mengikuti KIP kuliah, akan mengisi beberapa data termasuk tentang keluarga, ekonomi, rumah, asaet, hingga prestasi.

Salah satunya yaitu dengan mengisi detail ayah. Tujuan mengisi detail Ibu di KIP kuliah yaitu untuk melihat seberapa tidak mampu keluarga pelamar KIP ini apakah layak untuk diberi bantuan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh detail ayah sebagi petani di KIP kuliah 2024 agar lolos seleksi, simak:

Contoh 1

Ayah merupakan petani yang mengandalkan hidup dari hasil menanam bawang merah. Lahan yang ditanami merupakan milik pribadi. Saat tiba musim panen diperoleh hasil 12 karung dengan kisaran pendapatan Rp2.880.000.

Ayah memiliki tanggungan 3 anak yang masih SD, SMP, dan saya yang akan masuk kuliah. Kondisi ekonomi yang belum stabil menjadikan pendapatan ayah hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan dan sekolah kedua adik saya.

Ayah tidak memiliki pekerjaan lain selain bertani. Sehingga pendapatannya seringkali pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Terlebih umur ayah sudah 71 tahun, membuat tenaganya sudah tidak kuat lagi untuk berkerja lebih berat.

Meskipun hidup ditengah keterbatasan, ayah selalu mendukung niat saya untuk berkuliah. Sehingga apabila saya memperoleh dukungan dari beasiswa KIP Kuliah, program ini sangat membantu saya untuk mewujudkan cita-cita menuntut ilmu setinggi-tingginya.