Find Us On Social Media :
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 7 Kurikulum Merdeka ()

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 7 Kurikulum Merdeka

Dita Tamara - Selasa, 30 Juli 2024 | 11:00 WIB

Sonora.ID - Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 7 kurikulum merdeka berikut ini.

Sebelum melihat kunci jawaban berikut ini, sebaiknya siswa sudah mengerjakan sendiri soal-soal tersebut.

Selain itu, ada baiknya kunci jawaban berikut ini digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak dan hanya digunakan sebagai referensi belajar.

Berikut ini Sonora.ID merangkum kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 7 kurikulum merdeka, simak:

 
Bacalah teks argumentasi berikut ini dan garis bawahi (Lihat pada buku) dengan pensil warna yang berbeda untuk membedakan ide pokok dan ide-ide penjelas yang ada dalam setiap paragraf.
 
Jawaban
 
1. Paragraf 1:
 
Ide pokok: Ketahanan pangan perlu diperkuat karena ketergantungan tinggi pada beras menyebabkan rendahnya kedaulatan pangan.
 
Ide penjelas: Tingginya tingkat ketergantungan pada beras sebagai sumber karbohidrat utama menyebabkan negara rentan krisis pangan. Data menunjukkan tingkat konsumsi beras yang besar dan kebutuhan impor beras sebagai persediaan untuk mengendalikan harga.
 
2. Paragraf 2:
 
Ide pokok: Proporsi konsumsi beras sebagai makanan pokok di Indonesia meningkat pada era Orde Baru, mengabaikan makanan pokok lokal lainnya.
Ide penjelas: Data menunjukkan bahwa proporsi konsumsi beras meningkat menjadi dominan pada era Orde Baru, menggeser makanan pokok lokal lainnya seperti ubi kayu, jagung, dan kentang.
 
 
3. Paragraf 3:
 
Ide pokok: Pemerintah melakukan upaya diversifikasi pangan melalui Gerakan Diversifikasi Pangan untuk mengurangi ketergantungan pada beras dan mendorong konsumsi pangan lokal lainnya.
 
Ide penjelas: Gerakan Diversifikasi Pangan diluncurkan oleh Kementerian Pertanian sebagai antisipasi krisis pangan dan diharapkan dapat mengurangi ketergantungan konsumsi beras. Tujuan gerakan ini adalah menyediakan sumber karbohidrat lokal non beras dan meningkatkan konsumsi pangan lokal.
 
4. Paragraf 4:
 
Ide pokok: Diperlukan sinergi antara pemerintah dan pemerintah daerah untuk menguatkan Gerakan Diversifikasi Pangan dan mendorong konsumsi pangan lokal.
 
Ide penjelas: Kementerian Pertanian mengajak gubernur, bupati, dan wali kota untuk mendukung Gerakan Diversifikasi Pangan sebagai upaya mengukuhkan ketahanan pangan. Perlu adanya keteladanan dari kepala daerah untuk memelopori konsumsi pangan lokal. 
 
5. Paragraf 5:
 
Ide pokok: Upaya diversifikasi pangan lokal bertujuan untuk menurunkan konsumsi beras dan mendorong pertumbuhan UMKM pangan lokal.
 
Ide penjelas: Upaya diversifikasi pangan lokal ditargetkan untuk menurunkan konsumsi beras dan mendukung pertumbuhan UMKM pangan lokal. Namun, implementasi upaya ini memerlukan kebijakan dan kampanye yang masif serta keandalan pasokan bahan pangan non beras.
 
6. Paragraf 6:
 
Ide pokok: Kendala dalam upaya diversifikasi pangan adalah ketersediaan bahan baku yang terbatas dan harga yang kurang kompetitif.