Find Us On Social Media :
para penumpang KM Niki Sejahtera yang berhasil diselamatkan ()

KM Niki Sejahtera Tujuan Banjarmasin Terbakar, Seluruh Korban Selamat

Fakhrurazi - Jumat, 2 Agustus 2024 | 15:45 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera yang berlayar dari Surabaya, Jawa Timur menuju Banjarmasin, terbakar di wilayah perairan Masalembo, pada Kamis (1/8) siang.

Setelah 24 jam sejak insiden, ratusan korban berhasil dievakuasi, oleh Bakamla RI unsur KN Singa Laut-402, ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, pada Jumat (2/8) siang.

Setelah turun ke daratan, korban langsung beristirahat di ruangan tunggu terminal Pelabuhan. Mereka langsung dicek kesehatannya oleh tim medis.

Namun, sebanyak enam korban harus dilarikan ke rumah sakit, akibat luka bakar 1 orang, mengalami trauma, hingga sesak nafas akibat asap kebakaran.

Komamdan Bakamla KN Singa Laut-402 Letkol M Rita Udin mengungkapkan, seluruh awak kapal yang berjumlah 125 orang termasuk 40 orang kru Kapal dipastikan selamat.

Baca Juga: RPJPD Disahkan, Banjarmasin Fokus Jadi Gerbang Pemasok Logistik IKN

"Dari manifest kapal 120 orang dan 5 lagi penumpang gelap yang dibawa sopir truck, dari pemeriksaan, dipastikan seluruh awak selamat," katanya.

Dia menyebut, insiden itu disebabkan salah satu mobil penumpang yang berada di lantai 2 Kapal, saat itu mengalami konsleting dan terbakar.

"Para kru kapal sempat mencoba memadamkan, api di mobil yang terbakar itu, namun tidak berhasil. Hingga memutuskan untuk proses penyelamatan seluruh awak Kapal," jelasnya.

Selanjutnya, seluruh awak kapal yang selamat diserahkan secara simbolis kepada pihak KSOP Banjarmasin, untuk penanganan selanjutnya, hingga proses pemulangan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News