Find Us On Social Media :
Kegiatan Komwasjak (Sonora)

Komwasjak Tampung Aspirasi Wajib Pajak di Kalbar

Wilhelmus Triputra - Jumat, 2 Agustus 2024 | 19:45 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Komisi Pengawas Perpajakan (Komwasjak) baru-baru ini menggelar forum komunikasi publik bertajuk "Mendengar" di Gedung Konferensi, Ruang Teater 2 Universitas Tanjungpura, Pontianak. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk wajib pajak pribadi, asosiasi, konsultan pajak, akademisi, mahasiswa, serta perwakilan media.

Forum ini bertujuan untuk menampung beragam keluhan, masukan, dan aspirasi dari wajib pajak di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan adanya diskusi ini, Komwasjak berharap dapat mengidentifikasi dan menangani persoalan perpajakan yang dihadapi oleh masyarakat dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Ketua Komwasjak, Amien Sunaryadi, memberi apresiasi yang tinggi pada acara ini karena dapat meningkatkan komunikasi dan transparansi antara pihak pengawas pajak dan wajib pajak.

"Kami sangat mengapresiasi karena Komwasjak Mendengar yang kami gelar di Untan Pontianak ini mendapat respons yang tinggi, terbukti banyak masukan dan keluhan dari peserta," kata Amien Sunaryadi, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Genap 16 Tahun, Tribun Pontianak Semakin Melokal

Keluhan dan masukkan dari peserta mulai dari beberapa peraturan dari Kementerian Keuangan yang dianggap melanggar peraturan perundangan hingga soal kepercayaan terhadap lembaga perpajakan persoalan kasus pajak yang diselewengkan.

"Banyak persoalan itu diungkap peserta. Ini tentu menjadi bahan kami untuk mengecek hal tersebut apakah memang benar dan tidak sesuai dengan ketentuan berlaku atau lainnya," jelasnya lagi.

Terhadap persoalan yang ada dan masukkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti kepada pihak terkait sehingga hal itu ada titik terangnya.

"Tentu persoalan perpajakan ini menjadi bagian dari tugas kami untuk mengawasinya," tuturnya.

Wakil Ketua Komwasjak Zainal Arifin Mochtar dalam kesempatan yang sama menambahkan bahwa pihaknya diangkat oleh Kementerian Keuangan untuk mewakili kepentingan WP.

"Mandat kami yaitu bersama WP. Prespektif publik yang kami bawa. Melalui Komwasjak Mendengar ini menjadi ajang mengungkap dan curahan hati dari WP terhadap persoalan yang ada agar ada solusi. Dan persoalan perpajakan bisa diselesaikan dengan baik,"pungkasnya.

Forum ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendengarkan langsung permasalahan dan kebutuhan dari berbagai kalangan yang terkait dengan perpajakan.