Find Us On Social Media :
Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat pelepasan pendonor darah di Pendopo Kota Bandung, Jumat (2/8/2024) (Dok. Diskominfo Bdg)

Pemkot Bandung Apresiasi Pendonor Darah Sukarela Ratusan Kali

Indra Gunawan - Sabtu, 3 Agustus 2024 | 22:14 WIB

Sonora.id - Sejumlah pendonor darah sukarela lebih dari 100 kali akan menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Wakil Presiden RI pada 5 Agustus 2024 mendatang di Jakarta.

Saat melepas 95 pendonor darah sukarela asal Kota Bandung, Pj Wali Kota Bambang Tirtoyuliono menyebut para pendonor lebih 100 kali ini adalah pahlawan kemanusiaan yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan orang banyak.

"Para pendonor darah sukarela 100 kali dan lebih dari 100 kali ini adalah pahlawan, ini aksi nyata kemanusiaan. Saya apresiasi setinggi-tingginya, dampak positif banyak baik sesama maupun diri sendiri karena metabolisme lebih baik," ucap Bambang saat pelepasan penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial Pendonor Darah Sukarela 100 kali di Pendopo Kota Bandung, Jumat (2/8/2024).

Menurut Bambang, para pendonor ini merupakan contoh bagi warga Kota Bandung karena konsistensi dan kepeduliannya dengan mendonorkan darahnya dan peduli terhadap sesama.

Baca Juga: 11 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Jantung-Kanker!

Bambang juga mengapresiasi kinerja PMI Kota Bandung yang telah mampu mengelola donor darah di Kota Bandung dengan baik.

"Saya apresiasi PMI kota bandung yang mampu mengelola donor darah di kota bandung. Kini kita harus lebih baik lagi dalam pengelolaan darah di kota bandung," kata Bambang.

Sebagai bentuk kepedulian, Pemkot Bandung juga rutin menyelenggarakan donor darah di Balai Kota Bandung setiap tiga bulan sekali dan diikuti 800-900 orang baik ASN maupun Non ASN.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengatakan, para pendonor ini adalah orang orang yang berhati mulia dan telah mengabdikan diri dalam kurun waktu lebih dari 25 tahun.

Baca Juga: Arsenal Indonesia Supporters Gelar Donor Darah Serentak di 72 Kota

Sebanyak 95 Pendonor Darah Sukarela 100 Kali sampai tahun 2019 dan 2020 akan dianugerahkan Satyalencana Kebaktian Sosial.

"Mereka ini adalah yang telah donor darah sebanyak lebih dari 100 kali. Anugerah ini rutin dilakukan setiap tahun sekali dan akan disampaikan oleh bapak wakil presiden pada tanggal 5 Agustus 2024 mendatang," katanya.

Ia pun melaporkan sepanjang tahun 2023, pendonor di PMI Kota Bandung telah mendonasikan darahnya terhimpun sebanyak 142.000 kantong darah dari donor yang aktif sebanyak 75.600 pendonor.