Find Us On Social Media :
Prokopim Kubu Raya ()

Kecamatan Sungau Kakap Juarai MTQ X Kubu Raya

Wilhelmus Triputra - Minggu, 4 Agustus 2024 | 19:29 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID – Kafilah Kecamatan Sungai Kakap kembali menunjukkan prestasi gemilang pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X tingkat Kabupaten Kubu Raya.

Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, kecamatan ini berhasil meraih gelar juara umum yang menegaskan dominasi mereka dalam ajang keagamaan bergengsi tersebut.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, menyambut baik pencapaian ini dan menyatakan harapannya agar prestasi Kecamatan Sungai Kakap dapat menjadi contoh inspiratif bagi kecamatan lainnya.

“Untuk juara umum sampai saat ini masih dipegang Kecamatan Sungai Kakap. Namun secara keseluruhan MTQ di Kubu Raya mengalami kemajuan. Contoh Kecamatan Rasau Jaya, pada MTQ X ini bisa naik ke peringkat dua,” ujar Yusran Anizam usai penutupan MTQ X di Halaman Keraton Kubu, Kecamatan Kubu, Kamis (1/8/2024) malam.

Yusran menilai sangat wajar Kecamatan Sungai Kakap kembali menjadi juara umum. Sebab menurutnya kafilah Sungai Kakap punya persiapan yang sangat matang.

“Persiapan Kecamatan Sungai Kakap ini luar biasa. MTQ tingkat desa diselenggarakan, tingkat kecamatan juga diselenggarakan dengan maksimal. Ini bisa dicontoh kecamatan lainnya,” ungkap Yusran.

Sebagaimana Sungai Kakap, Yusran berharap kecamatan lainnya juga mengadakan MTQ mulai dari tingkat desa.

“Sehingga ke depannya bisa mencetak kader qurani yang dengan sendirinya termotivasi untuk menjadi juara,” tuturnya.

Kemudian terkait dengan penyelenggaraan kegiatan MTQ, lanjut Yusran, harus selalu dievaluasi agar kualitas pelaksanaan ke depannya selalu meningkat.

Baca Juga: Kecamatan Pontianak Kota Sukses Pertahankan Gelar Juara Umum MTQ XXXII Tingkat Kota

“Yang menjadi kekurangan harus menjadi bahan evaluasi. Sehingga ke depannya akan menjadi lebih baik lagi,” ucap Yusran.

Yusran juga mengapresiasi penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Kubu. Dengan waktu persiapan yang singkat, ajang sebesar MTQ tingkat kabupaten dapat berlangsung dengan sukses.

“Terima kasih juga kepada Pj Bupati yang setiap hari mengawal dan memberi arahan terkait dengan pelaksanaan MTQ ini. Juga terima kasih untuk panitia yang berjibaku siang dan malam mempersiapkan ini. Begitu juga terima kasih kepada semua pihak khususnya masyarakat Kubu,” pungkasnya.