Find Us On Social Media :
Terintegerasi, Stasiun Cikarang Layani KRL Hingga Kereta Api Jarak Jauh. (Humas PT KAI Daop 1 Jakarta)

Terintegerasi, Stasiun Cikarang Layani KRL Hingga Kereta Api Jarak Jauh

Liliek Setyowibowo - Minggu, 11 Agustus 2024 | 11:52 WIB

Sonora.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memberikan pelayanan dan menyajikan layanan yang terus berkembang dan berkelanjutan pada pengguna jasa angkutan kereta api.

Hal tersebut dilakukan oleh KAI Daop 1 Jakarta karena meningkatnya permintaan pelanggan terhadap jasa angkutan Kereta Api (KA) mulai dari Kereta Api lokal, Kereta api Rel Listrik (KRL), sampai dengan Kereta Api jarak jauh dan juga semakin tingginya ekspektasi pelanggan terhadap layanan fasilitas yang diberikan.

Salah Satunya pada Stasiun Cikarang, dimana pada Stasiun Cikarang merupakan Stasiun yg memiliki integrasi angkutan Kereta Api yang lebih lengkap diantara Stasiun lainya.

"layanan transportasi yang ada di Stasiun Cikarang yaitu, KA lokal terdapat 14 perjalanan termasuk keberangkatan dan kedatangan (sementara 12 perjalanan), KRL terdapat 77 perjalanan termasuk keberangkatan dan kedatangan, dan KA jarak jauh 39 perjalanan termasuk keberangkatan dan kedatangan," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta dalam keterangan yang diterima Sonora.

Ixfan mengungkapkan,selama periode Januari - Juli 2024,  sebanyak 3.337.094 penumpang, sedangkan volume penumpang datang/turun di Stasiun Cikarang sebanyak 3.294.002 penumpang, jika diakumulasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 7.755.558 penumpang KRL.

Baca Juga: KAI Daop I Jakarta Gelar Bersih-Bersih Sampah di Emplasemen Stasiun dan Jalur KA

"Untuk penumpang KA Lokal naik/berangkat dari Stasiun Cikarang sebanyak 983.392 penumpang, sedangkan volume penumpang datang/turun di Stasiun Cikarang sebanyak 1.025.551 penumpang, jika diakumilasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 2.008.943 penumpang KA Lokal," kata Ixfan.

Tak hanya KA Lokal dan KRL, Ixfan menyebut, volume penumpang KA jarak jauh naik/berangkat cukup meningkat. Dari Stasiun Cikarang sebanyak 189.874 penumpang yang berangkat sedangkan volume penumpang datang/turun di Stasiun Cikarang sebanyak 153.886 penumpang.

"jika diakumilasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 398.610 penumpang KA jarak jauh," ujarnya.

Fasilitas Stasiun Cikarang