Find Us On Social Media :
Opening Ceremony Pekan QRIS Nasional 2024. (Wilhelmus Triputra) ()

Akselerasi Penggunaan QRIS, BI Gelar PQN 2024

Wilhelmus Triputra - Senin, 12 Agustus 2024 | 22:02 WIB

Pontianak, Sonora.IDBank Indonesia tak henti - hentinya memperkenalkan dan mengkampanyekan penggunaan QRIS kepada masyarakat Kalimantan Barat.

Hal itu dibuktikan BI Provinsi Kalbar dengan menggelar Pekan QRIS Nasional (PQN) 2024 yang dipusatkan di Taman Alun - alun kapuas.

PQN 2024 dibuka langsung oleh Pj Sekda Kalimantan Barat, M Bari, Senin (12/8/2024).

Pj Sekda Kalimantan Barat, M Bari, menegaskan dukungan penuh pemerintah terhadap inisiatif Bank Indonesia dalam mendorong kemajuan ekonomi, khususnya melalui pengembangan sistem pembayaran.

Dalam sambutannya, M Bari mengungkapkan bahwa pemerintah sangat menghargai upaya Bank Indonesia yang berfokus pada pengembangan UMKM, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut Bari, sistem pembayaran yang terus berkembang memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Targetkan 11,2 Juta Transaksi, BI Kalsel Kenalkan QRIS Lintasnegara

"Pembayaran yang awalnya berupa tunai (cash) dapat berubah menjadi non tunai (non-cash). Salah satu metode pembayaran non tunai adalah sistem berbasis server (server based) yang dapat mempermudah dalam melakukan transaksi menggunakan smartphone melalui internet, dengan syarat adanya ketersediaan saldo pada aplikasi tersebut, "ungkap Bari.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalbar, N.A. Anggini Sari mengatakan Pekan QRIS Nasional bertujuan untuk mengakselerasi penggunaan QRIS di Kalimantan Barat, yang mana saat ini peningkatan pengguna QRIS di Kalbar dari jumlah penduduk dewasa baru mencapai sekitar 30 persen.

Tentu hal tersebut masih menjadi PR bagi Bank Indonesia khususnya dari industri perbankan dan industri jasa keuangan dalam meningkatkan Usher QRIS.