Find Us On Social Media :
()

Momen Hari Pramuka, OJK Gencarkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Wilhelmus Triputra - Rabu, 14 Agustus 2024 | 17:39 WIB

Pontianak, Sonora.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan barat berkolaborasi dengan Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Pemerintah Provinsi Kalbar, Bank Kalbar, dan beberapa unsur terkait menggelar kegiatan Gencar Keuangan Pramuka Dalam Rangka Hari Pramuka dan Hari Indonesia Menabung (HIM), di Aula Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (14/8/2024).

Kegiatan ini diharapkan mampuuntuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kesadaran, bagi para anggota pramuka Kalimantan Barat untukmenabung.

Pj Sekda Kalbar, Mohamad Bari yang membuka kegiatantersebut, dalam sambutannya mengatakan Literasi Keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkankualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuanganuntuk mencapai kesejahteraan keuangan masyarakat.

Cakap Keuangan dapat dimulai sejak dini dengan menerapkan perencanaan keuangan sederhana untuk mencapai tujuankeuangan yang dimiliki.

Baca Juga: OJK Ungkap Indeks Literasi Keuangan Penduduk Indonesia Mencapai 65,43 Persen

"Saya berharap agar melalui pelaksanaan kegiatan ini, segenap Pelajar, Pemuda dan Pramuka dapat digalakkan untukmembiasakan menabung sejak dini dalam rangka peningkatanliterasi dan inklusi keuangan, “ujarnya.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, SyarifAbdullah Alkadrie mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kemauan para anggota pramuka sejak dini.

Kemudian bagaimana caramengatur keuangan pribadinya.

Syarif juga menjelaskan perlu adanya edukasi yang diberikan untuk memberikan pemahaman bagaimana mengatur keuangan di era digital seperti sekarang.

“Kondisi era digital saat ini bisa saja memberi efek negatif, perlu adanya edukasi sehingga dia bisa mengatur keuanganuntuk kepentingan mereka, “ujar Syarif saat PressCon usaipembukaan acara.

Sementara itu Kepala OJK Kalbar, Maulana Yasin sangat menyambut baik dengan adanya kerjasama ini, karena OJK senantiasa berupaya meningkatkan literasi dan inklusi kepadamasyarakat mulai dari PAUD, TK, sampai dengan kuliah.

Untuk kolaborasi tersebut OJK melakukan kerjasama dengandengan Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, dan Bank Kalbar dalam membuat Buku Saku Pramuka.

Pada momen ini, Maulana mengatakan bersama pramukasebagai kelanjutan kerjasama dari nasional ke lokal  untukmelakukan sosialisasi literasi keuangan kepada adik – adik dan kakak – kakak pramuka dengan harapan mereka bisacakap keuangan dan dapat mengatur keuangannya denganbaik.

Baca Juga: OJK Terus Tingkatkan Sosialisasi Literasi Agar Tercipta Kemandirian Keuangan Masyarakat

“Bisa memanage keuangannya dengan baik, “imbuhnya.

Terkait dengan inklusi keuangan, OJK tentunya selalumelakukan kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah, industri, dan lembaga lainnya untuk meningkatkan inklusi dan literasi kepada masyarakat untuk merealisasikan target inklusikeuangan yang ditetapkan oleh Presiden.

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi mengajak semua pihakbersama – sama berperan aktif menumbuh kembangkan dan membudidayakan inklusi dan literasi keuangan.

Menurutnyakegiatan ini sangat pas digaungkan dan dilaksanakan dalamartian kolaborasi dengan OJK, Pemprov, dan Kwarda sangat luar biasa, serta memiliki visi dan misi bagaimanamembangun Kalimantan barat melalui tabungan SimpananPelajar.

“Membudayakan inklusi dan literasi harus sama – sama 100 persen, “tegas Rokidi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Penjabat Ketua TP- PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, dan beberapa kepala instansi vertikal Kalimantan Barat.

Pada acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Pembukaan Rekening Tabungan SimPel Bank Kalbar kepadaanggota pramuka yang hadir.

Baca Juga: Cara Memilih Tali yang Kuat dan Tepat untuk Keperluan Rumah Tangga