Find Us On Social Media :
Kegiatan “Bio Farma Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Desa“ di Tasikmalaya (Dok. Corcomm Bio Farma)

Sinergi Kementerian BUMN & Bio Farma Atasi Kemiskinan Ekstrem dan Cegah Stunting di Tasikmalaya

Indra Gunawan - Sabtu, 17 Agustus 2024 | 08:50 WIB
 
Tasikmalaya, Sonora.ID - Sebagai bentuk Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PKE) dan Penurunan Stunting, Kementerian BUMN Republik Indonesia bersama Holding BUMN Farmasi, menggelar kegiatan “Bio Farma Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Desa“ di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya Jawa Barat.
 
Dalam siaran pers Bio Farma Group, Jumat (16/8/2024), disebutkan kegiatan tersebut berlangsung pada 14 dan 15 Agustus 2024 lalu.
 
Untuk diketahui, kegiatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PKE) merupakan inisiatif yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. 
 
Strategi kebijakan yang diinisiasi adalah dengan melakukan pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, serta penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.
 
Sementara itu, program Penurunan Stunting diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Stunting didefinisikan sebagai gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis. Dapat disebabkan oleh kurangnya akses pada makanan bergizi atau kurangnya informasi untuk orang tua terkait pemberian makanan bergizi pada anak. 
 
Terkait hal tersebut, Kementerian BUMN RI menetapkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Percepatan Penurunan Stunting yang terdiri dari peningkatan akses pelayanan gizi dan kesehatan, peningkatan akses pangan bergizi, peningkatkan kesadaran gizi, dan peningkatan penyediaan sarana sanitasi serta air bersih.
 
Baca Juga: Kurangi Sampah Plastik, Stasiun Bandung & Stasiun Kiaracondong Sediakan Drinking Water Station
 
Dalam kegiatan tersebut diketahui Bio Farma Group memberikan bantuan berupa pembagian 1200 paket sembako kepada warga, mengadakan pengobatan gratis untuk 500 orang, renovasi fasilitas pendidikan, pemberian bantuan alat kesehatan untuk posyandu, pembangunan posyandu, pembangunan sarana air bersih, pemasangan penerangan jalan umum melalui energi terbarukan panel surya, serta Pemberian Makan Tambahan (PMT) untuk balita di Kelurahan Tamanjaya.
 
Dalam sambutannya, Kepala Departemen TJSL Bio Farma, Sarmedi menyampaikan rasa senangnya dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Tamanjaya serta mengapresiasi pihak-pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini.
 
“Senang sekali dapat hadir di tengah masyarakat Kelurahan Tamanjaya, untuk melaksanakan kegiatan program desa sejahtera yang melibatkan karyawan Bio Farma Group. Kami juga mengucapkan apresiasi terhadap berbagai elemen yang telah mendukung lancarnya kegiatan ini, baik dari Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma, masyarakat Tamanjaya, serta Kementerian BUMN RI," kata Sarmedi,.dikutip dari siaran pers tersebut.
 
Sarmedi berharap, kegiatan seperti ini dapat sustainable atau berlanjut guna memberikan kontribusi positif untuk masyarakat. 
 
“Program ini merupakan wujud kepedulian Bio Farma Group dalam rangka menjalankan Program TJSL. Semoga kegiatan ini akan berlanjut dan menjadi berkah bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Tamanjaya," pungkasnya.
 
Baca Juga: Akun Bisnis Puluhan Hotel Di Kota Bandung Kena Hack