Sonora.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui kunci jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka.
Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.
Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.
Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Guru yang mengikuti program Guru Penggerak ini harus menyelesaikan tugas yang ada dalam modul.
Baca Juga: 25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak, Beserta Jawabannya
Nah, tes akhir ini menjadi tolak ukur atau evaluasi kemajuan yang telah dipelajari guru dalam modul 1.
Dengan mempelajari contoh soal Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak beserta jawabannya berikut ini, para guru diharapkan dapat lebih memahami materi yang diajarkan pada modul 1.
Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka.
1. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, beberapa bupati mendirikan 'sekolah-sekolah kabupaten' yang kemudian disebut sebagai 'Sekolah-sekolah Bumiputera'. Selanjutnya, pemerintahan Hindia Belanda memberikan kesempatan bagi orang Bumiputera untuk bersekolah lanjut.
- mendidik orang bumiputera menjadi pegawai-pegawai di perusahaan pemerintahan Hindia Belanda.
- menjalankan kebijakan pemerintahan Hindia Belanda untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anak-anak.
- mendidik orang Bumiputera agar dapat mempersiapkan kemerdekaan dan masa depan Indonesia.
- mempersiapkan orang bumiputera untuk membantu di perusahaan milik pemerintahan Hindia Belanda
Dari pernyataan berikut, manakah yang menjadi tujuan pemerintahan Hindia Belanda ketika memberikan kesempatan bagi orang Bumiputera untuk bersekolah lanjut?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 3
D. 1 dan 2
E. 2 dan 3
Jawaban : A
2. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan gobak sodor yang dapat melatih
A. olah pikir
B. olah tenaga
C. olah raga
D. olah rasa
E. olah semangat
Jawaban: C
3. Ki Hadjar Dewantara memandang kecerdasan budi pekerti dasar pembentukan jiwa manusia. Dari pernyataan berikut, manakah yang bukan gagasan Ki Hadjar Dewantara mengenai budi pekerti?
A. Anak yang mempunyai kecerdasan budi pekerti akan senantiasa memikirkan dan mempertimbangkan dasar-dasar yang pasti dalam membuat keputusan.
B. Budi pekerti membantu menuntun anak menjadi manusia yang selamat dan bahagia dalam setiap laku agar tumbuh kekuatan kodratnya.
C. Budi pekerti diajarkan secara terus menerus kepada anak hingga ia mandiri
D. Kemerdekaan anak adalah kebebasan budi pekerti
E. Budi pekerti adalah perpaduan harmonis antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak.
Jawaban: D
4. Ki Hadjar Dewantara menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah "menuntun segala kekuatan kodrat" yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Bila dikaitkan dengan Pendidikan Abad 21, manakah yang bukan arti dari frase "menuntun segala kekuatan kodrat?"
A. Kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran bermakna
B. Keteladanan guru yang inspiratif dalam pembelajaran
C. Kecakapan guru dalam menjalankan peran utamanya sebagai pendidik
D. Kolaborasi guru dan siswa dalam menginisiasi/menciptakan kasmaran belajar dalam diri siswa
E. Komunikasi harmonis yang reflektif antara guru dan siswa