Find Us On Social Media :
Jelang Akhir Jabatan Rektor, Prof. Agustinus Yakin Untar Akan Terus Berkembang ()

Jelang Akhir Jabatan Rektor, Prof. Agustinus Yakin Untar Akan Terus Berkembang

Saortua Marbun - Rabu, 28 Agustus 2024 | 16:30 WIB
 
Sonora.ID - Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., mengatakan mengelola perguruan tinggi swasta (PTS) bukanlah perkara mudah hingga membawa kampus meraih berbagai capaian. Dibutuhkan kerja sama dengan semua sivitas akademika untuk mencapainya.
 
“PTS harus mandiri mengelola segala macemnya, menampilkan produk-produk andalannya ke publik, sementara persaingannya menggila dengan berbagai macam cara,” ujarnya kepada Sonora dalam acara media gathering di Tangerang Selatan, beberapa waktu yang lalu. 
 
Menurut Prof. Agustinus,  tanggung jawab perguruan tinggi turut diemban oleh pemerintah, industri, masyarakat, sekaligus media. Ia berharap Untar dapat berkembang bahkan hingga di masa-masa yang akan datang.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala LLDikti Wilayah III Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Toni Toharudin, mengapresiasi kinerja Prof. Agustinus atas capaian Untar yang masuk menjadi salah satu institusi unggul dari ratusan ribu perguruan tinggi di Indonesia.
 
”Jadi prestasi akreditasi yang unggul bisa dihitung jari. Akreditasi itu merupakan satu indikator bahwa pimpinan perguruan tinggi atau rektor konsen terhadap kualitas, “ tuturnya.
 
 
Prof. Toni menjelaskan data LLDikti III juga menunjukan Untar miliki akreditasi prodi unggul sebanyak 19 prodi juga akreditasi internasional.
 
Untar memiliki akreditasi prodi unggul sebanyak 19 prodi juga akreditasi internasional,” tegasnya.
 
Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Toni juga mengakui dalam setahun ini kiprah Rektor Untar Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan aktif dan positif dalam berbagai even diantaranya Leadership Talks bersama LL Dikti III yang digelar di Untar bulan lalu. 
 
"Rektor itu banyak, jadi beliau memang real academic leaders, karena capaian sangat baik, saya menyoroti misalkan dari sisi akreditasi,kolaborasi,riset dan lain lain," ungkap Toni.
 
Menurutnya Rektor Agustinus telah mencetak akreditasi institusi unggul bagi Untar sedangkan hanya 115 PTS unggul dari empat ribuan PTS di Indonesia.
 
"Jadi prestasi akreditasi yang unggul bisa dihitung jari. Akreditasi itu merupakan satu indikator bahwa pimpinan perguruan tinggi atau rektor konsen terhadap kualitas, " tambahnya.
 
Sebelumnya, selama menjabat Prof. Agustinus telah mencapai berbagai prestasi yang membanggakan Untar. Dalam paparan pencapaian pada media gathering itu, terbukti selama 8 tahun memimpin Untar Prof. Agustinus berhasil meningkatkan kinerja Untar.dalam berbagai hal diantaranya mendapatkan konversi akreditasi dari Akreditasi A ke Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini capaian besar dan komitmen Untar mencetak generasi unggul dengan nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE).
 
Untar juga meraih pengakuan internasional yakni. Empat program studi, yaitu S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Elektro, dan S1 Teknik Informatika, berhasil meraih Akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Prestasi ini tidak hanya menunjukkan keberhasilan akademis tetapi juga menegaskan posisi Untar dalam skala global sebagai calon World Class University.
 
EduRank juga memberikan peringkat bagi Untar, menempatkannya sebagai universitas ke-63 terbaik di Indonesia dan ke-5 terbaik di Jakarta. Peringkat ini didasarkan pada hasil riset, prestasi non-akademik, serta pengaruh alumni, dengan menganalisis lebih dari 66.700 sitasi dari 47.100 publikasi akademik di 562 universitas di Indonesia, termasuk 53 universitas dari Jakarta.