Find Us On Social Media :
Pekan Tenun Kalbar 2024. (Istimewa)

Pekan Tenun Kalbar 2024 Berlangsung Sukses

Wilhelmus Triputra - Minggu, 1 September 2024 | 20:55 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. H. Harisson, M.Kes., bersama Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., menghadiri acara penutupan Pekan Tenun Kalimantan Barat Tahun 2024 di Gedung Dekranasda, Sabtu malam (31/8/2024).

Pekan Tenun Kalimantan Barat 2024, yang telah berlangsung selama seminggu, merupakan bagian dari perayaan Hari Tenun Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 September.

Acara ini adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Rumah Jepin, serta berbagai instansi terkait lainnya.

"Saya sangat berbangga karena para desainer kita sangat muda-muda. Ini sebenarnya kita (Pemprov Kalbar) sudah berhasil memotivasi anak-anak muda kita menjadi desainer dan karya mereka itu menggunakan bahan-bahan tenun dari Wastra lokal Kalimantan Barat. Ini penting sekali karena dengan mereka bisa mendesain sangat baik, tentunya akan membuat masyarakat di luar Kalimantan Barat maupun masyarakat Kalimantan Barat akan menyukai Wastra yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari," ujar Pj Gubernur.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan bahwa semakin sering wastra Kalimantan Barat digunakan, semakin besar pula potensi dikenalnya wastra khas Kalbar yang berdampak pada peningkatan permintaan produk tenun lokal ini, sehingga dapat berdampak positif pada perekonomian para penenun dan pelaku industri kreatif di Kalimantan Barat.

Baca Juga: Momen Resepsi Hari Kebangsaan Malaysia Ke-67, Konsulat Malaysia Pererat Hubungan dengan Kalbar

"Dengan banyak dipakainya wastra dalam kegiatan sehari-hari dalam bekerja maupun kegiatan lainnya maka akan meningkatkan pendapatan penenun kita di daerah maupun terhadap desainer-desainer kita," tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dekranasda dan Instansi terkait terus melakukan pembinaan terhadap penenun Kalimantan Barat termasuk ikut memasarkan karya tenun atau wastra kepada masyarakat Kalimantan Barat serta masyarakat di luar Kalimantan Barat dengan sering mengikuti event, menggunakan wastra tersebut pada berbagai kegiatan, sebagaimana yang kita ketahui bersama digunakan oleh Presiden Joko Widodo bersama tamu VVIP pada gelaran KTT World Water Forum beberapa waktu lalu.

Di waktu yang sama, Pj. Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengatakan dengan kegiatan rangkaian Hari Tenun Nasional 2024 di Kalbar ini, dapat mencetak regenerasi para perajin dan para desainer muda agar melestarikan Wastra Kalimantan Barat.

"Tadi kita sudah melihat video kegiatan rangkaian Pekan Tenun Kalimantan Barat yang dimulai dari kita memberikan materi dan langsung mencontohkan pewarnaan kepada anak-anak SMK kemudian belajar langsung dari perajin atau penenunnya," ungkap Windy.