Find Us On Social Media :
Peluncuran Prangko Edisi Perdana Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia di Plaza Maria, Gereja Katedral, Jakarta, Senin (2/9/2024) (Dok SJS)

PT Pos Indonesia dan Kominfo Luncurkan Perangko Edisi Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus

Jumar Sudiyana - Senin, 2 September 2024 | 15:26 WIB

Jakarta,Sonora.Id - Dalam rangka menyambut kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia, 3-6 September, PT Pos Indonesia beserta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berinisiatif meluncurkan perangko seri Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Seremoni peluncuran perangko seri khusus tersebut dilakukan di Plaza Maria, Komplek Katedral Jakarta, Senin (2/9/2024). Penandatanganan sampul hari pertama dilakukan secara bersama-sama oleh PT Pos Indonesia dan Kominfo dan Keuskupan Agung Jakarta.

Direktur Pos, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kominfo, Gunawan Hutagalung menyebut perangko sebagai duta bangsa dan memiliki peran penanda sejarah yang penting bagi Indonesia.

“Kami dari Kominfo mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam penerbitan perangko seri Kunjungan Paus Fransiskus ini,” ucapnya.

Perangko khusus ini akan diberkati pula oleh Paus Fransiskus saat misa suci di GBK, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Kunjungan Paus Fransiskus, Indonesia Miniatur Kerukunan dalam Keberagaman

Sementara itu, Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan, berterima kasih karena pemerintah, melalui Kominfo, mau menerbitkan perangko khusus untuk menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

“Ini menjadi kenang-kenangan masyarakat Indonesia, bagi pecinta perangko atau filateli, dan umat Katolik, atas kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia,” puji Jonan.

Perangko ini juga akan diedarkan kepada publik dalam bentuk pecahan 3.500 dan 40.000. Adapun lembaran perangko pecahan 3.500 dengan isi 18 perangko dilepas dengan harga Rp63 ribu per lembarnya.

Senada dengan Jonan, Uskup Agung Jakarta Mgr Kardinal Ignatius Suharyo mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Kominfo atas penerbitan prangko edisi khusus Paus Fransiskus ini. Menurut Suharyo secara fisik prangko ini menjadi sebuah kunjungan sejarah bagi bangsa Indonesia, namun Uskup Suharyo menilai ada sesuatu yang lebih penting dari sekadar prangko.

"Hal yang lebih penting menurut saya bukan sekadar sebuah prangko secara fisik, tetapi makna dari tulisan dalam logo prangko yang memaknai sebuah perjalanan apostolik dengan membawa pesan Faith-Fraternity-Compassion atau “Iman-Persaudaraan-Bela Rasa dalam keberagaman Indonesia menuju Indonesia yang adik dan makmur," ujarnya. 

Pada dua kunjungan Paus terdahulu ke Indonesia, PT Pos Indonesia juga menerbitkan perangko seri khusus. Yakni pada kunjungan Paus Paulus VI di tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II (1989).

Pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia tersebut akan berangkat pada Senin sore waktu Roma untuk menuju tanah air. Selama di Indonesia, Paus Fransiskus akan menjalani sejumlah agenda penting di Jakarta selama empat hari. Setelah itu, Bapa Paus akan melanjutkan kunjungan apostoliknya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, hingga tanggal 13 September 2024.