Find Us On Social Media :
Pj Walikota Elman Dorong Pendekatan Langsung ke Warga dalam Penanganan Stunting (Istimewa)

Pj Walikota Elman Dorong Pendekatan Langsung ke Warga dalam Penanganan Stunting

- Kamis, 5 September 2024 | 12:09 WIB

Palembang, Sonora.ID - Penjabat Wali Kota Prabumulih, H Elman ST MM, turut hadir dalam acara penyerahan paket sembako oleh Baznas kepada balita yang mengalami stunting, yang berlangsung di Masjid Agung Nur Arafah, Prabumulih, pada Kamis, 5 September 2024.
 
Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Baznas H Intisar Usman, S.Ag, serta perwakilan dari Kemenag, MUI, Camat Prabumulih Utara, dan Lurah Pasar 1.
 
Dalam sambutannya, Elman menyarankan agar ke depan, Baznas tidak hanya menyerahkan bantuan secara terpusat, tetapi turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi warga yang membutuhkan.
 
"Kita harus datang langsung ke mereka, agar bisa memahami kebutuhan dan kondisi sebenarnya," ujar Elman. 
 
Ia menambahkan, pemerintah harus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Polres, untuk mendampingi proses penyaluran bantuan, sehingga warga tidak harus mengeluarkan biaya untuk datang ke lokasi pembagian.
 
“Saya berharap dalam melakukan pemberian bantuan ini sebaiknya kita yang langsung mendatangi mereka jadi kita tau keadaan dan kondisi yang sebenarnya,” kata Elman.
 
Elman juga menekankan pentingnya memahami kebutuhan masyarakat secara langsung.
 
Ia mencontohkan bagaimana pendekatan ini telah membantu Kota Prabumulih meraih penghargaan dari Wakil Presiden atas prestasi penurunan angka stunting tercepat se-Indonesia, yang disertai dengan bonus sebesar Rp5,7 miliar.
 
Ketua Baznas, H Intisar Usman, menyatakan pihaknya setuju dengan usulan Elman dan berkomitmen untuk menerapkannya ke depan.
 
Usman juga menyebutkan bahwa jumlah balita stunting yang mendapatkan bantuan kini telah menurun dari 129 menjadi 61, berkat kerja aktif pemerintah.
 
“Sebelumnya ada 129 anak, tapi berkat upaya pemerintah, tadi kita bagikan kepada sebanyak 61 keluarga stunting,” jelas Intisiar Usman.
 
Periode kepemimpinan Pj Walikota H Elman telah membawa dampak positif tidak hanya pada penurunan angka stunting, tetapi juga dalam pengurangan kemiskinan dan pengangguran di Prabumulih, yang menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Penulis: Achmad Aulia

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

 
Baca Juga: Penutupan Geladi Rentinkon Kotamaops TNI