Find Us On Social Media :
Turunkan Stunting, Muba Raih Insentif Fiskal Rp 19,06 Miliar (Istimewa)

Turunkan Stunting, Muba Raih Insentif Fiskal Rp 19,06 Miliar

- Kamis, 5 September 2024 | 14:07 WIB

Palembang, Sonora.ID – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali mencetak prestasi membanggakan dengan meraih Insentif Fiskal 2024 dari pemerintah pusat.

Penghargaan tersebut diberikan dalam tiga kategori utama: Kinerja Penurunan Stunting, Kinerja Penggunaan Produk Dalam Negeri, dan Kinerja Percepatan Belanja Daerah, dengan total insentif mencapai Rp 19,06 miliar.

Penyerahan penghargaan ini berlangsung dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Stunting 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Rabu (4/9/2024), dipimpin oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Pj Bupati Muba, H. Sandi Fahlepi, mengapresiasi kerja keras timnya.
 
"Penghargaan ini mencerminkan dedikasi seluruh OPD dan masyarakat dalam menangani stunting," ujarnya.
 
Dengan angka stunting di Muba turun menjadi 17,07 persen, Sandi optimistis program-program inovatif yang dikelola Dinas Kesehatan, bekerjasama dengan berbagai pihak, akan terus membawa hasil positif.
 
Bahkan, penurunan prevalensi stunting dari 2021 hingga 2023 mencapai 6,5 persen, lebih cepat dari rata-rata provinsi dan nasional.
 
Kepala Dinas Kesehatan Muba, Dr. Azmi Dariusmansyah, menargetkan prevalensi stunting turun hingga 13,6 persen ke depannya.
 
Program ini dijalankan berbasis data akurat, berkat kerjasama dengan Dinkominfo dan BPS Muba.
 
"Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras Organisasi Perangkat Daerah dan dukungan masyarakat Muba," katanya.
 
Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan perlunya evaluasi berkelanjutan terhadap program stunting di seluruh Indonesia, mengingat prevalensi nasional telah menurun dari 30,8 persen (2018) menjadi 21,5 persen (2023).

Ma'ruf berharap penajaman intervensi terus dilakukan demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.
 
Penulis: Achmad Aulia

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Penutupan Geladi Rentinkon Kotamaops TNI