Find Us On Social Media :
Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR. (Istimewa)

Syarifuddin HR Usulkan Anggaran Pelatihan Bagi Anak Putus Sekolah

Etty Hariyani - Senin, 9 September 2024 | 11:15 WIB

Penajam, Sonora.ID - Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR mengusulkan agar pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya kepada mereka yang telah putus sekolah.

Ia mengaku menemukan banyak warga PPU yang telah putus sekolah namun tidak memiliki kemampuan atau keterampilan, sehingga tidak mampu bersaing dengan orang lain.

“Minimal mereka diberikan pelatihan seperti las atau pertukangan. Minimal mereka memiliki kemampuan skil lah agar bisa bersaing di dunia kerja,” katanya.

Syarifuddin mengatakan, anggaran untuk meningkatan kemampuan mereka tidak lah terlalu besar.

Ia mencontohkan bila seorang anak putus sekolah memerlukan anggaran Rp 5 juta sekali pelatihan, maka dengan anggaran Rp200 juta sudah 40 orang yang bisa memiliki kemampuan.

Baca Juga: Realisasi APBD 2024 Masih di Angka 39,7 Persen di Bulan September

Anggota DPRD Dapil Penajam ini mengakui, bila selama ini banyak anak putus sekolah yang ingin mengikuti pelatihan namun tidak memiliki uang yang cukup.

“Makanya pemerintah daerah harus turun tangan menyelesaikan persoalan ini. Saya temukan banyak warga kita yang putus sekolah yang memerlukan perhatian pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain anggaran pelatihan lanjutnya, pemerintah daerah juga harus mengalokasikan anggaran untuk paket A,B dan C bagi anak yang putus sekolah.

Tujuannya, agar mereka bisa memiliki ijazah yang bisa digunakan saat melamar pekerjaan di perusahaan.