Find Us On Social Media :
Kegiatan Panen Padi Tahun 2024 Kabupaten Kubu Raya di Desa Parit Baru. (Dok. Sonora/Wilhelmus Triputra)

DKPP Kubu Raya Gelar Panen Padi 2024 dalam Upaya Pengendalian Inflasi

Wilhelmus Triputra - Selasa, 10 September 2024 | 18:15 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID – Pj Bupati Kabupaten Kubu Raya, Drs. Syarif Kamaruzaman, M.Si., memimpin kegiatan Panen Padi Tahun 2024 Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Kubu Raya di Lahan Poktan Dewi Sri, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (10/9/2024).

Syarif Kamaruzaman mengatakan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka pengendalian inflasi terkait juga dengan persediaan bahan pokok bagi masyarakat dengan didahului dengan penanaman padi sebelumnya dan dilanjutkan dengan kegiatan panen padi.

“Alhamdulillah, hari ini seluruh kelompok tani Dewi Sri juga didampingi oleh PT. Dharma Guna Wibawa yang terus memberikan pendampingan dalam rangka bagaimana menanam padi yang baik sehingga kita bisa buktikan dengan produksi dari hasil 16 hektar di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya," ungkap Kamaruzaman.

Pj Bupati Kubu Raya itu juga mengharapkan agar kegiatan serupa dilakukan secara berkelanjutan sesuai tahapan pola tanam sehingga kebutuhan masyarakat akan beras di Kubu Raya dan Kalbar bisa terpenuhi.

Baca Juga: Masuk Usia Ke-13 Tahun, Kompas TV Angkat Tema 'Indonesia 13ersatu'

Hal itu menjadi konsen dari jajaran Pemerintah Kubu Raya, didukung Dandim 1207/Pontianak dan Polres Kubu Raya dalam menggiatkan menanam padi bagi masyarakat.

Senada dengan Pj Bupati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Kubu Raya, Awaluddin mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam upaya mengendalikan inflasi dengan salah satu langkahnya yaitu mempertahankan komoditas beras.

“Secara sporadis, panen kita lakukan di tiap Kecamatan seperti di Kakap, Kubu, Batu Ampar, hampir semua Kecamatan melaksanakan panen,“ ujar Awaluddin.

Dia juga mengatakan setiap daerah memiliki varietas yang petani senangi, dan kebanyakan menggunakan varietas Inpari 32, karena memiliki ketahanan yang baik di daerah pasang surut seperti di wilayah Kubu Raya.

Sementara itu Ketua Poktan Dewi Sri, Andi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya atas bantuan dan dukungan yang diberikan.

Andi mengatakan dari pihak Dinas memberikan bantuan berupa Pupuk, Fungisida, Herbisida, Insectisida, dan lainnya.

“Harapan kami ke depan lebih diperhatikan lagi semuanya, “ujar Andi.