Find Us On Social Media :
Makmur Marbun, memberikan materi tentang inovasi kebijakan pada pelatihan pejabat administrator di Puslatbang KDOD, Samarinda, Senin (9/9/2024). (Istimewa)

Puslatbang KDOD Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV 2024, Pj Bupati PPU Beri Materi

Etty Hariyani - Rabu, 11 September 2024 | 19:25 WIB

Samarinda, Sonora.ID – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, memberikan materi tentang inovasi kebijakan pada pelatihan pejabat administrator di Puslatbang KDOD, Samarinda, Senin (9/9/2024).

Ia menekankan pentingnya pemimpin yang baik serta penempatan pejabat sesuai kompetensi untuk menghindari kesalahan pelaksanaan tugas.

Ia juga membahas kondisi demografi dan kesejahteraan Kabupaten PPU serta inovasi yang diterapkan.

"Seperti penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) untuk pengelolaan APBD dan digitalisasi birokrasi melalui e-office guna mengurangi penggunaan kertas," ujarnya.

Baca Juga: Wahid Sayangkan Pembangunan Fisik di Sepaku Tak Bisa Dianggarkan di APBD

Makmur Marbun juga menyoroti inovasi dalam pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah akses masyarakat, termasuk aplikasi pendaftaran rumah sakit yang mengurangi antrean panjang.

Makmur juga menyoroti lima sektor utama kebijakan pemerintah daerah; kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, sosial, dan peningkatan minat olahraga.

"Dalam mengatasi masalah kesejahteraan, khususnya terkait bahan pangan, pemerintah terus memantau stok dan harga untuk mencegah inflasi akibat tingginya permintaan dari pekerja luar daerah," tutupnya. (Adv/DiskominfoPPU)