Find Us On Social Media :
Mengenal ikan aligator gar ()

Mengenal Ikan Aligator Gar dan 5 Alasan Spesies Ini Dilarang Dipelihara

Sienty Ayu Monica - Kamis, 12 September 2024 | 16:30 WIB

Sonora.ID - Seorang kakek di Malang divonis 5 bulan penjara akibat memelihara ikan aligator gar di area kolam pemancingan miliknya.

Kakek bernama Piyono dinyatakan bersalah karena melanggar Pasal 88 juncto Pasal 16 ayat (1) Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan juncto Permen-KP RI Nomor 19/Permen-KP/2020.

Peraturan-peraturan tersebut menjelaskan bahwa ikan aligator gar merupakan salah satu spesies yang dilarang dipelihara, diperdagangkan, maupun dilepasliarkan di wilayah Indonesia.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ikan aligator atau aligator gar ini adalah spesies invasif karena berpotensi merusak ekosistem lokal.

Baca Juga: Apa Itu Susu Ikan? Simak Pengertian dan Penjelasannya Berikut Ini!

Mengenal Ikan Aligator Gar

Predator air tawar yang menyerupai buaya aligator ini termasuk dalam keluarga Lepisosteidae, dan salah satu spesies paling terkenal adalah Alligator Gar (Atractosteus spatula), yang berasal dari wilayah Amerika Utara. 

Ikan aligator termasuk salah satu ikan air tawar terbesar dan tertua.

Alligator gar mempunyai kepala mirip buaya, dengan gigi tajam yang memudahkan ikan predator ini memangsa hewan hidup. 

National Geographic menuliskan, kerabat prasejarah dari spesies ini pertama kali muncul 157 juta tahun lalu yang tersebar di banyak negara.