Find Us On Social Media :
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., bersama tim dari Kemenko Polhukam RI dan Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), melakukan kunjungan ke Asrama Haji Palembang pada Sabtu (14/9/2024). ()

Pj Gubernur Elen Setiadi Bersama Tim Kemenko Polhukam dan Danlanud SMH Bahas Penyelesaian Isu Lahan Asrama Haji Palembang

- Minggu, 15 September 2024 | 13:30 WIB
 
Palembang, Sonora.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., bersama tim dari Kemenko Polhukam RI dan Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), melakukan kunjungan ke Asrama Haji Palembang pada Sabtu (14/9/2024).
 
Kunjungan ini bertujuan untuk membahas penyelesaian masalah terkait lahan yang telah lama menjadi isu antara Pemerintah Provinsi Sumsel dan TNI Angkatan Udara (AU).
 
Tim Polhukam RI yang dipimpin oleh Plt Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM, Sugeng Purnomo, melakukan peninjauan langsung di lapangan untuk mencari solusi terbaik mengenai masalah ini.
 
Usai kunjungan lapangan, dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang membahas, antara lain, pembangunan kios untuk mendukung layanan haji yang akan dibiayai dari APBD Pemprov Sumsel tahun 2024. Rapat ini juga membahas kelanjutan pembangunan di area kompleks Asrama Haji Palembang.
 
"Kami sudah melakukan peninjauan dan beberapa poin telah disepakati kemarin. Hari ini, kami akan menyepakati lebih lanjut," kata Sugeng Purnomo.
 
 
Dalam rapat tersebut, Pemprov Sumsel juga menyatakan komitmennya untuk menyiapkan anggaran renovasi rumah dinas perhubungan Pemprov Sumsel pada tahun anggaran 2025, yang kemudian akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan dan TNI AU.
 
Pj Gubernur Elen Setiadi mengungkapkan tekadnya untuk menyelesaikan semua masalah yang ada di Asrama Haji Palembang. "Kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan semua isu ini, dan kami akan mencari solusi terbaik dalam bentuk keputusan bersama atau MoU," ungkap Elen Setiadi.
 
Sementara itu, Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, menegaskan bahwa TNI tidak melarang renovasi masjid atau pembangunan kios, namun ada prosedur yang harus diikuti. "Asrama Haji Palembang memiliki fasilitas yang sangat baik, dan kami siap memberikan dukungan penuh untuk kegiatan yang berlangsung di sini," kata Kolonel Rizaldy Efranza.
 
 
Penulis Achmad Aulia