Find Us On Social Media :
Ilustrasi Kunci Jawaban PTK Pintar Kemenag Modul 3.2, Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas (Freepik)

Kunci Jawaban PTK Pintar Kemenag Modul 3.2, Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas

Debbyani Nurinda - Senin, 16 September 2024 | 09:20 WIB

Sonora.ID – Simak artikel berikut untuk mengetahui kunci jawaban PTK Pintar Kemenag 3.2, tentang Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas.

Pada modul 3.2 Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), para guru akan mengerjakan 10 soal berupa pilihan ganda di platform PINTAR Kementerian Agama (Kemenag), https://pintar.kemenag.go.id/.

Saat mengerjakan soal latihan modul 3.2. Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas, guru diminta untuk belajar terlebih dahulu.

PINTAR atau Pusat Informasi Pelatihan & Pembelajaran merupakan salah satu program pelatihan yang diusung oleh Kemenag.

Program ini terbuka bagi semua ASN Kemenag di Indonesia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Metodologi Pembelajaran Pintar Kemenag Modul 3.5

Dikutip dari laman pintar.kemenag.go.id, PINTAR terbagi ke dalam dua kategori pembelajaran, yaitu pelatihan dan pengetahuan.

Semua kategori tersebut tersedia dalam bentuk artikel, video, dan materi untuk meningkatkan skill dan kapasitas SDM Kementerian Agama.

Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban PTK Pintar Kemenag 3.2, tentang Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas.

1. Penelitian Tindakan Kelas dapat dimaknai sebagai ...

A. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara sebagaimana lesson study
B. Proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri guru guna pemenuhan standar isi.
C. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri pada proses pembelajaran
D. Perpuan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan di kelas untuk menunjukkan profesionalisme guru

Jawaban : C

2. Berikut ini aktifitas pada siklus perencanaan PTK.

A. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan menggunakan LKPD
B. Merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi,
C. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan, Mengembangkan Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas.

Jawaban : B

3. Contoh judul PTK yang tepat adalah....

A. Pengaruh Kumon Method terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika pada materi Bahasan Gerak pada Siswa Kelas XI MAN Mandiri Berprestasi Tahun Pelajaran 2021/2022
B. Peningkatan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan Alat Peraga Kartu Huruf Melalui Video Pembelajaran Youtube dan Whassap Grup pada Materi Perkenalan diri Bidang Studi Bahasa Inggris Siswa Kelas VII F MTS X, Kabupaten Kutercinta Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI Semester I MI Tunas Bangsa
D. Evaluasi Pemanfaatan Model Pembelajaran JIGSAW dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X, Mata Pelajaran Biologi Materi Perkembangbiakan, Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022