Find Us On Social Media :
Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah saat meninjau stand-stand Expo (Fakhrurazi)

Anyaman Berbahan Purun dan Kerajinan Marmer Warnai Kalsel Expo 2024

Fakhrurazi - Kamis, 19 September 2024 | 13:20 WIB

Banjarbaru, Sonora.ID – Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) turut berpartisipasi dalam gelaran Kalsel Expo 2024 yang digelar di lapangan Dr Murjani Banjarbaru, pada 18 hingga 22 September 2024.

Berbagai kerajinan dan produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah bersertifikat halal turut ditampilkan, di antaranya anyaman purun dan kerajinan marmer dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Bahkan, Disperin Kalsel menghadirkan langsung pelaku pembuat anyaman purun mendapat atensi langsung Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah saat meninjau stand-stand Expo, pada Rabu (18/9).

Istri orang nomor 1 di Kalsel tersebut terlibat percakapan ringan dengan pembuat anyaman purun.

Baca Juga: Kebun Raya Banua di Kalsel Kini Miliki Area Nature of Exhibition Banua Botanical Garden

Ia berpesan, agar kerajinan anyaman yang notaben nya merupakan khas Kalimantan Selatan, dapat terus dilestarikan untuk menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Ia menilai, produk UMKM Kalsel memiliki nilai jual yang tinggi, dan harus terus dipromosikan agar lebih dikenal di pasar nasional dan global.

"Produk kerajinan pelaku IKM dan UMKM akan terus ada, ditengah era globalisasi ini, hal ini merupakan warisan nenek moyang kita, sehingga pelestariannya pun harus terus dilakukan dari generasi kegenarasi agar tidak hilang," ucap Acil Odah (sapaan akrab Raudatul Jannah).

Ia berharap, kegiatan semacam Kalsel Expo ini akan selalu diadakan, karena akan membantu promosi produk-produk UMKM hingga kesejahteraan pelakunya meningkat.

Selain itu, akan terjadi transaksi yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dengan semain banyaknya digelar kegiatan seperti Kalsel Expo ini.