Find Us On Social Media :
Sosialisasi MKJP Demi Wujudkan Keluarga Yang Berkualitas ()

Sosialisasi MKJP Demi Wujudkan Keluarga yang Berkualitas

Wilhelmus Triputra - Jumat, 20 September 2024 | 18:15 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi di Wilayah Khusus, yang kali ini dipusatkan di halaman Puskesmas Sungai Ambawang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Rabu (18/9/2024). 

Dalam kegiatan ini digelar sosialisasi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) sekaligus dilakukan pelayanan KB Gratis kepada para Calon Akseptor di wilayah itu.

Tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas, anak – anak/generasi emas yang berkualitas menyongsong tahun 2045 mendatang. 

BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang diwakilkan oleh Aulia Arfiansyah Arief mengatakan bahwa dalam program nasional terdapat 7 Kabupaten yang disasar terkait sosialisasi MKJP di Kalimantan Barat, yang mana salah satunya adalah Kabupaten Kubu Raya. 

Baca Juga: Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Kalsel Optimalkan Layanan KB MKJP

“Sudah ada Kabupaten yang menjalankan sosialisasi ini sebelumnya, dimana proyek ini khusus untuk lumbung – lumbung yang perlu dilayani. Kami datang dengan mobil Pelayanan Lancang Kuning untuk pelayanan KB bagi mereka yang mungkin belum dapat terlayani, “ungkap Aulia. 

Dia menilai bahwa masyarakat Kubu Raya khususnya saat ini memiliki kesadaran yang cukup tinggi dalam menjalankan pola pikir ber-KB. Ia memandang penting terkait jarak kelahiran anak suatu pasangan agar tersusun perencanaan keluarga yang baik dan berkualitas.

“Berencana itu keren, perencanaan yang baik perlu dilakukan untuk masa depan yang baik, “ujarnya.

Aulia berharap Kabupaten Kubu Raya dapat menjadi contoh untuk kabupaten lain dalam memperoleh keikutsertaan KB dan pemerintah setempat terus mendukung hal tersebut.

Kepala Dinas P3KB Kubu Raya, Dyah Tutwuri Handayani mengatakan bahwa sosialisasi MKJP sering dilakukan oleh