Find Us On Social Media :
Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I Pontianak telah berhasil menyelesaikan pembersihan sungai di Jalan Sepakat 2, Kota Pontianak. ()

BWSK I Pontianak Bersihkan Sungai Sepanjang 3,5 KM di Jalan Sepakat 2

Wilhelmus Triputra - Senin, 23 September 2024 | 12:10 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I Pontianak telah berhasil menyelesaikan pembersihan sungai di Jalan Sepakat 2, Kota Pontianak. Pembersihan sepanjang 3,5 kilometer ini mengatasi masalah rumput liar, semak, dan sampah yang menghalangi aliran air sungai.

Tommy Alfrets Roring, S.T., M.T., selaku PPK O & P SDA 2 di BWSK I Pontianak, menyatakan bahwa kegiatan pembersihan ini dilakukan secara rutin setiap tahun untuk menjaga kelancaran aliran sungai dan lingkungan sekitar.

"Kami melakukan pembersihan sungai ini mulai dari tahun 2022, 2023,dan 2024, dalam setahun pekerjaan ini kami lakukan sebanyak 3 kali yang artinya kegiatan ini merupakan pemeliharaan rutin," katanya.

Pada pembersihan aliran sungai di jalan Sepakat 2 kali ini, Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I Pontianak berfokus kepada pembersihan dan pemeliharaan secara efektif.

"Proses pembersihan yang kami lakukan adalah pengangkatan Gulma, tebas rumput, dan pengangkatan sedimen atau galian," terangnya.

Pembersihan Sungai jalan sepakat yang dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I Pontianak menghadapi beberapa tantangan dalam prosesnya.

"Tantangan yang kami hadapi yang pertama dari masyarakat khususnya sampah yang dibuang oleh masyarakat dialiran Parit Sepakat, kemudian juga ada sebagian masyarakat yang menanam tanaman disepadan sungai yang tentunya menganggu proses pekerjaan, hujan dan air pasang juga menganggu proses pekerjaan yang kami lakukan," jelasnya.

Baca Juga: Berikut Hasil Rekapitulasi DPT Tingkat Provinsi Kalbar

Kedepannya BWSK I Pontianak tidak akan berhenti sampai disini saja namun akan melanjutkan pekerjaan pembersihan sungai di jalan Sepakat ini sampai ke hulu.

"Kami akan teruskan pekerjaan pembersihan parit Sepakat ini sampai ke hulu di tahun depan," ucap Tommy.