Find Us On Social Media :
Empat Paslon Pilgub Jabar saat pengambilan nomor urut di KPU Jabar, Senin (23/9/2024) / Dok. Divisi Humas KPU Jabar ()

Empat Paslon Pilgub Jabar 2024 Sepakati Deklarasi Damai Selama Pilkada

Indra Gunawan - Selasa, 24 September 2024 | 12:20 WIB
 
Bandung, Sonora.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Selasa (24/9/2024) melangsungkan Deklarasi Damai Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat di Laswi Heritage, Jalan Sukabumi Kota Bandung. Di mana para paslon diminta untuk menciptakan suasana damai selama masa kampanye berlangsung hingga hari H.
 
Hal ini dilakukan usai KPU Jabar menetapkan nomor urut paslon yang akan bertarung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar tahun 2024, pada Senin (23/9/2024) malam.
 
Pengundian nomor urut digelar dalam sebuah rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni.
 
“Pukul 20.10 WIB, dengan mengucapkan Bismillah, rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tahun 2024 yang dilaksanakan Senin 23 September 2024, dengan ini resmi saya buka,” ucap Ummi yang disambut gemuruh tepuk tangan masing-masing paslon, pimpinan dan jajaran partai politik pengusung, Senin malam.
 
Ummi menuturkan, sebelum dilakukan pengambilan nomor urut, dilakukan terlebih dahulu pengambilan nomor antrian pengundian.
 
"Jadi kita awali dengan nomor antrian, nah nomor antrian itu yang nantinya jadi saat paslon mengambil nomor urut," jelas Ummi.
 
Baca Juga: BRIN Sebut Gempa di Kabupaten Bandung Tidak Terkait Megathrust
 
"Pengambilan nomor antrian ini diawali oleh paslon yang saat itu mendaftar pertama kali ke KPU Jabar," jelasnya.
 
Setelah antrean nomor urut itu dibuka, barulah dilanjutkan dengan tahap kedua, yakni pengambilan undian nomor urut. Pasangan cagub dan cawagub Jabar yang mendapat antrean pertama diberi kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.
 
Untuk diketahui, seluruh paslon mengambil undian yang ada dalam kotak kayu bergambar karakter wayang golek yakni Gareng, Dawala, Cepot dan Semar.
 
Selepas seluruh paslon berada di tempatnya sesuai gambar karakter yang dipilihnya, mereka diminta untuk membuka kotak yang ternyata di dalamnya ada gunungan wayang dengan ada angka di depannya yang menunjukan nomor urut yang nantinya akan tertera pada kertas suara Pilgub Jabar.
 
Hasilnya, pasangan Dedi Mulyadi – Erwan Setiawan nomor urut 4, pasangan Ahmad Syaikhu – Ilham Habibie nomor urut 3, pasangan Acep Adang – Gita KDI nomor urut 1, dan pasangan Jeje – Ronal nomor urut 2. 
 
Nomor urut pasangan Cagub – Cawagub Jabar 2024 itu kemudian ditetapkan oleh KPU.
 
“Berdasarkan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat ditetapkan nomor urut pasangan calon,” pungkas Ummi.
 
Baca Juga: Pemkot Bandung Rencanakan Exit Tol 149 Gedebage Dibuka Akhir Desember 2024