Find Us On Social Media :
prosesi pengucapan janji sumpah/janji dan penyematan Pin Anggota DPRD Provinsi Sumsel secara simbolis pada Rapat Paripurna I DPRD Prov. Sumsel di Ruang Rapat Paripura DPRD Provinsi Sumsel hari ini (Selasa, 24/9) (Humas DPRD Provinsi Sumsel)

Anggota DPRD Provinsi Sumsel Terpilih Periode 2024–2029 Resmi Dilantik

- Selasa, 24 September 2024 | 22:15 WIB
 
Palembang, Sonora.ID - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan terpilih Periode 2024–2029 resmi dilantik.
 
Pelantikan ini ditandai dengan prosesi pengucapan janji sumpah/janji dan penyematan Pin Anggota DPRD Provinsi Sumsel secara simbolis pada Rapat Paripurna I DPRD Provinsi Sumsel di Ruang Rapat Paripura DPRD Provinsi Sumsel hari ini (Selasa, 24/9/2024).
 
Rapat Paripurna Ke- I DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda dalam rangka pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Masa Jabatan 2024-2029 dipimpin oleh H.M. Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Prov.Sumsel; Hj. Kartika Sandra Desi, SH, MM, dihadiri oleh Pj. Gubernur Sumsel; Elen Setiadi, SH, M.S.E, Sekretaris Daerah; Drs. H. Edward Chandra, MH dan Sekretaris DPRD Prov.Sumsel H. Aprizal, S.Ag, SE, M.Si para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.
 
Membuka rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024, H.M. Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Masa Jabatan 2019-2024 dan mengucapkan selamat pada Anggota DPRD terpilih priode mendatang.
 
"Pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan masa jabatan 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasanya yeng telah mengemban amanah selama lima tahun menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Untuk anggota dewan yang terpilih kembali semoga dapat mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai selama ini” jelas pimpinan rapat paripurna.
 
Baca Juga: Pj Gubernur Sumsel Lantik Pjs dan Plt Bupati di Empat Kabupaten untuk Pastikan Kelancaran Pilkada 2024
 
“Kepada calon Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan yang baru terpilih saya ucapkan selamat datang, perjuangan telah menanti, harapan masyarakat Provinsi Sumatera Selatan begitu besar bersama seluruh jajaran birokrasi, eksekutif dan para pemangku kepentingan untuk terus bekerja sama serta bersinergi menggerakkan berbagai program, kegiatan pembangunan di Sumatera Selatan. semoga keberhasilan yang telah dicapai selama ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi dan berbagai inovasi-inovasi tercipta demi kesejateraan serta kemakmuran masyarakat Sumatera Selatan” sambung pimpinan rapat paripurna.
 
Selanjutnya pimpinan rapat paripurna menyampaikan mohon diri dan mengucapkan selamat kepada calon anggota DPRD terpilih periode mendatang.
 
“Akhirnya sebagai manusia dan insan biasa yang tidak terlepas dari berbagai kelemahan, kami atas nama pimpinan dan segenap anggota dewan bersama keluarga “mohon diri dan mohon maaf” kepada semua pihak, atas segala kekurangan maupun kekhilafan dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban selama masa jabatan 2019 – 2024. Selanjutnya perkenankan pula kami menyampaikan ucapan “Selamat kepada calon anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan masa jabatan 2024 - 2029“, yang telah mendapatkan kepercayaan (mandat) dari partai poltiknya dan rakyat Sumatera Selatan, di sertai ucapan selamat bekerja, selamat bertugas, selamat berkarya dengan harapan semoga lebih sukses lagi” Terang Pimpinan Rapat Paripurna.
 
Rapat Paripurna pun dilanjutkan acara inti yaitu prosesi pelantikan dengan diawali pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang,  penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji secara simbolis oleh satu orang perwakilan dari Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, dan Ketua pengadilan tinggi Palembang. diakhiri dengan penyematan lencana DPRD oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang secara simbolis kepada anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan.
 
Setelah Prosesi pelantikan selesai, Sekretaris DPRD Prov.Sumsel; H. Aprizal, S.Ag, SE, M.Si membacaan pengumuman pimpinan sementara DPRD Prov.Sumsel Masa Jabatan 2024-2029, sebagai Pimpinan DPRD Prov.Sumsel sementara yaitu Andie Dinialdie, SE (Ketua) dan Raden Gempita, SH (Wakil Ketua). kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPRD Prov.Sumsel Masa Jabatan 2024-2029 secara simbolis ditandai dengan penyerahan palu pimpinan, dan buku memori pelaksanaan tugas dewan.
 
Baca Juga: KPU Ogan Ilir Rampungkan Pengundian Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati
 
Rapat Paripurna pun dilanjutkan dipimpin oleh Pimpinan DPRD Prov.Sumsel Sementara Andie Dinialdie, SE didampingi Raden Gempita, SH. mengawali sambutannya Pimpinan Rapat Paripurna menyampaikan latar belakang yang melandasi terpilihnya Pimpinan:
 
“Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, bahwa sebelum Pimpinan DPRD terbentuk secara defenitif, maka Ketua DPRD dipimpin oleh Pimpinan sementara DPRD yang terdiri dari seorang ketua dan seorang wakil ketua yang berasal dari dua partai politik yng memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua, maka kami untuk sementara diberikan mandat memimpin DPRD”_ Jelas Ketua DPRD Prov.Sumsel Sementara.
 
Selanjutnya Ketua DPRD Prov.Sumsel sementara mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat Sumsel serta mengapresiasi semua pihak yang ikut terlibat dalam prosesi pelantikan dan pihak terkait kelancaran pemilu 2024 lalu serta pihak terkait.
 
“Maka perkenankan kami pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada : pertama: seluruh warga Sumatera Selatan yang telah berpartisipasi dalam pemilu 2024 sehingga berlangsung sesuai dengan harapan kita semua. kedua: Ketua Pengadilan Tinggi Palembang yang baru saja melantik anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan masa jabatan 2024-2029. ketiga: Pimpinan dan Anggota legislatif masa jabatan 2019–2024 atas segala upaya dalam rangka menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat serta melaksanakan tugas legislatif lainnya selama lima tahun ini. keempat: seluruh anggota KPU dan jajaran penyelenggaran pemilu sampai KPPS yang telah melaksanakan tahapan pemilihan umum dengan baik walaupun tidak dapat dipungkiri masih terdapat kekurangan. kelima: seluruh jajaran Bawaslu yang telah berupaya mengawasi agar pemilu berjalan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. keenam: saudara Pj. Gubernur beserta jajarannya serta aparat keamanan yang telah menciptakan suasana pemilu yang kondusif sehingga pemilu dapat terlaksana dengan baik, aman, jujur dan adil.  ucapan yang sama kami sampaikan pula kepada rekanrekan pers, baik media cetak maupun elektronik, atas perhatian yang begitu besar terhadap jalannya Pemilu 2024 hingga peresmian anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan pada hari ini” Jelas Ketua DPRD Prov.Sumsel Sementara
 
Kemudian Ketua DPRD Prov.Sumsel mengajak kepada anggota dewan yang baru dilantik untuk Bersama melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknydan penuh rasa tanggung jawab dilandasi kebersamaan, bekerja keras, profesional dan sungguh-sungguh.
 
Baca Juga: Pj Bupati Muba Terima Audiensi Jajaran Bank Perkreditan Rakyat Sumsel 
 
“Untuk itu kami selaku pimpinan sementara mohon dukungan sepenuhnya kepada semua anggota dewan, guna dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab dilandaskan oleh semangat kebersamaan diantara kita semua, sehingga hal-hal yang bersifat individualistik dan kelompok sudah saatnya kita tinggalkan dan marilah kita semua bersatu padu. semoga hari ini merupakan langkah awal yang baik bagi kita sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan masa jabatan 2024-2029 dalam membawa tongkat estafet perjuangan yang kita terima dari dewan sebelumnya untuk menuju cita-cita pembangunan Daerah Sumatera Selatan khususnya dan nasional umumnya. untuk mewujudkan hal tersebut tidak ada kata lain kita harus bekerja keras, profesional dan sungguh-sungguh, dan dengan merumuskan program pembangunan yang terencana dengan baik, sehingga kami yang dititipkan amanat dan kepercayakan oleh rakyat Sumatera Selatan ini Insyaallah diberikan kekuatan” Ketua DPRD Prov.Sumsel Sementara.
 
Menutup sambutannya Ketua DPRD Provinsi Sumsel sementara menyampaikan beberapa agenda internal Lembaga mengawali tugas kedewanan.
 
“DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam waktu dekat akan langsung melaksanakan beberapa kegiatan yang mendesak diantaranya penyusunan peraturan tata tertib, pembentukan fraksi-fraksi, menetapkan pimpinan definitif serta membentuk alat-alat kelengkapan lainnya. dan untuk mengoptimalkan tugas maka dalam waktu dekat ini semua anggota DPRD akan mengikuti orientasi dan pendalaman tugas pokok dari tanggal 30 September s.d 4 oktober 2024 di jakarta”_ jelasnya.
 
Agenda Rapat Paripurna pun ditutup dengan mendengarkan sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan yang pada intinya menyampaikan beberapa hal terkait kedudukan dewan dan fungsinya serta strategi pengoptimalan  fungsi kedewanan dalam Bersama mengisi Pembangunan, dilanjutkan dengan mengucapkan selamat pada Anggota DPRD Prov.Sumsel yang baru saja dilantik serta mengapresiasi kinerja DPRD Priode sebelumnya, Rapat Paripurna pun diakhiri dengan do’a bersama.
 
Penulis: Achmad Aulia
 
Baca Juga: KPU Sumsel Tuntaskan Pengundian Nomor Urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur