Find Us On Social Media :
Kampus ITSB Cikarang, Jawa Barat (Dok Istimewa)

Dunia Gencar Mencari Data Scientist, ITSB Siapkan Generasi Baru melalui Program Studi S1 Sains Data

Jumar Sudiyana - Rabu, 25 September 2024 | 08:25 WIB

Cikarang,Sonora.Id - Permintaan terhadap tenaga profesional yang mampu mengolah, menganalisis, dan memanfaatkan data saat ini kian melesat. Hal ini dipengaruhi oleh semakin berkembangnya era digital. Kini terjadi revolusi data, yakni perubahan besar cara hidup kita karena lonjakan data yang muncul dari aktivitas keseharian kita. Data yang terus diproduksi menjadi aset berharga yang dapat diolah untuk dimanfaatkan bagi kemajuan peradaban.

Program Studi S1 Sains Data Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) hadir sebagai jawaban atas kebutuhan industri dan masyarakat akan tenaga ahli di bidang pengolahan, analisis, dan pemanfaatan data. Lebih khusus lagi, Program Studi Sains S1 Data ITSB memiliki konsentrasi khusus dalam Financial Engineering, yaitu sebuah disiplin ilmu yang menggabungkan prinsip-prinsip matematika, statistik, keuangan, dan teknik untuk mengembangkan solusi keuangan yang kompleks dan inovatif.

Lulusan yang dipersiapkan oleh ITSB tidak hanya memiliki kemampuan analisis data yang kuat, tetapi juga pemahaman mendalam tentang industri keuangan. Kurikulum Program Studi S1 Sains Data ITSB didesain untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional kompeten di bidang sains data dengan mempelajari konsep-konsep dasar dalam analisis data keuangan, pengelolaan risiko, pemodelan keuangan yang berkelanjutan, serta pengembangan etika profesional di industri keuangan.

Dengan kombinasi keterampilan analisis yang kuat, pemahaman tentang industri keuangan, dan kesadaran akan tanggung jawab sosial, lulusan Program Studi Sains Data ITSB diarahkan untuk menjadi tenaga kerja profesional berdaya saing tinggi dalam industri dan mampu berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan nasional.

Program Studi Sains S1 Data ITSB sangat layak untuk menjadi tujuan utama pilihan perkuliahan. Permintaan untuk ilmuwan data di dunia sangat tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Menurut McKinsey Global Institute, akan ada kebutuhan 97 juta pekerja di bidang analisis data dan kecerdasan buatan pada tahun 2025.

Dari sisi penghasilan, ilmuwan data disebut sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di dunia. Di Indonesia, gaji rata-rata untuk data scientist adalah sekitar Rp 12.500.000 per bulan menurut Indeed.

Untuk generasi saat ini yang suka dengan tantangan, pekerjaan di bidang sains data juga menjadi pekerjaan yang menantang sebab bidang ilmunya terus berkembang mengikuti kemajuan zaman. Yang paling utama, keahlian sains data memiliki dampak positif karena dapat membantu masyarakat dunia, baik di dalam bisnis, kesehatan, maupun pemerintahan.

ITSB juga berkomitmen kuat untuk memastikan lulusannya siap kerja. Mahasiswa lulusan ITSB memiliki peluang untuk berkarier di Grup Sinar Mas karena kerja sama erat antara ITSB dengan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia tersebut.

Jangan lewatkan kesempatan emas untuk bergabung dengan Program Studi S1 Sains Data ITSB. Bergabunglah dengan ITSB dan jadilah bagian dari revolusi data. Dengan pendidikan yang komprehensif dan berorientasi pada industri, ITSB mempersiapkan mahasiswanya untuk mampu menaklukkan tantangan dan memanfaatkan peluang di dunia kerja yang semakin kompetitif.