Find Us On Social Media :
Cara buat barcode Pertamina (mypertamina.id)

3 Cara Buat Barcode Pertamina: Lewat Website, Aplikasi, dan Booth Offline

Sienty Ayu Monica - Rabu, 25 September 2024 | 19:19 WIB

Sonora.ID - Berikut ini adalah tiga cara buat barcode Pertamina yang bisa memudahkan pelanggan untuk membeli BBM bersubsidi.

PT Pertamina Patra Niaga kini telah memberlakukan penggunaan barcode atau kode QR untuk pembelian BBM bersubsidi seperti solar dan pertalite, khusus bagi pengguna kendaraan roda empat. 

Penerapan barcode ini bertujuan agar distribusi BBM subsidi lebih tepat sasaran.

Mengutip dari laman My Pertamina, bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi adalah BBM yang mendapatkan bantuan subsidi dari Pemerintah melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Baca Juga: Gencarkan Penerapan NZE, Komisi VII Minta Pertamina Kurangi Konsumsi Pertalite

Jenis BBM yang termasuk dalam subsidi ini adalah Biosolar dan Pertalite.

Kedua jenis BBM tersebut dijual kepada masyarakat dengan harga lebih murah, namun kuantitasnya terbatas dan hanya dialokasikan untuk konsumen tertentu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014.

Adapun barcode Pertamina didapatkan dengan mendaftarkan diri di aplikasi laman resmi Pertamina maupun offline booth-nya.

Cara Buat Barcode Pertamina

Untuk mendapatkan barcode Pertamina yang digunakan dalam pembelian BBM bersubsidi, Kamu dapat mendaftar melalui situs web, aplikasi My Pertamina, atau datang langsung ke booth offline Pertamina.