Find Us On Social Media :
salah satu sudut Kampung Bakisah yang ada di RTH Kamboja, Kota Banjarmasin (Prokom Banjarmasin)

Resmikan Kampung Bakisah, Pemko Banjarmasin Optimis Naikkan NIlai KLA

Eva Rizkiyana - Kamis, 26 September 2024 | 14:15 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID – Pemerintah Kota Banjarmasin meresmikan Kampung Bakisah (bercerita, red.), Sekretariat Forum Anak dan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), belum lama tadi.

Berlokasi di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Banjarmasin Tengah, tiga sarana baru milik Pemerintah Kota Banjarmasin itu terletak persis di halaman perpustakaan mini yang menghadap Jalan Anang Adenansi.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, meresmikan Kampung Bakisah, Sekretariat Forum Anak dan PISA bersama Bunda Literasi dan Forum Anak Banjarmasin, Siti Wasilah, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setempat, Muhammad Ramadhan.

Ibnu menyebut, ketiga sarana itu dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat, terutama pengunjung RTH Kamboja.

Apalagi didukung dengan lokasi yang sangat strategis sehingga mudah diakses.

“Jadi di sini, informasi terkait dengan anak, hak-haknya, juga untuk pelaporan kasus kekerasan terhadap anak, dapat dilakukan di Sekretariat Forum Anak dan PISA,” jelasnya.

Baca Juga: Gandeng ULM, Barantin Bersiap Terapkan One Borneo Quarantine System

Selain itu, dengan diletakkan di RTH Kamboja, membuat lokasi tersebut jadi semakin aman dan nyaman bagi anak-anak dan keluarganya agar dapat bermain dan belajar.

Ia menambahkan, peresmian sarana itu juga sebagai salah satu upaya nyata jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin untuk meningkatkan status Kota Layak Anak(KLA) kategori Nindya ke Utama, yang salah satunya adalah kewajiban memiliki ruang bermain yang aman dan nyaman.

Dijelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, terkait dengan upaya peningkatan nilai sebagai KLA, saat ini sudah berada di angka 89 poin dan sedikit lagi dapat mencapai Utama.