Find Us On Social Media :
Anggota Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto, menyampaikan materi. ()

BI DIY Menggelar Capacity Building untuk Media

Benni Listiyo - Jumat, 27 September 2024 | 15:55 WIB

Sonora.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY menyelenggarakan Capacity Building Wartawan Ekonomi DIY di Bandung, pada Kamis, 26 September 2024, dengan tema Terapkan Kode Etik Jurnalistik, Jaga Kepercayaan Publik.

Kepala Tim Implementasi Kajian Ekonomi Daerah (KEKDA) BI DIY, Dian Wening Tiastuti mengatakan kegiatan Capacity Building ini untuk memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi wartawan, dan juga kemitraan antara wartawan dan BI DIY dapat terjalin dengan baik.

“Materi dari narasumber yang didapatkan ini bisa diterapkan, dan tetap menjaga kode etik jurnalistik, sehingga dapat menjaga kepercayaan publik,” tambahnya. 

Capacity Building menghadirkan Anggota Dewan Pers, dan Wakil Pemimpin Umum 2 Kompas, Paulus Tri Agung Kristanto.

Dalam acara yang berlangsung di Bandung, dibahas tentang etika jurnalistik oleh wartawan, juga prinsip netral dalam pemberitaan, berimbang dan independen.

Baca Juga: Ikuti Program Renjani, Rektor UJB Perpanjang Nota Kesepahaman

Selain itu disampaikan tentang tantangan dan peluang industri media saat ini.

"Agar bisa bertahan, media harus beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Saat ini, media tidak hanya berdiri di dua kaki, tetapi harus di banyak kaki," jelasnya.

Media cetak kemudian merambah media online, televisi dan radio juga kemudian mengembangkan media online. Karena digitalisasi, media juga harus berkembang dan beradaptasi. 

Media harus berubah dalam pola bisnisnya. Sekarang media tidak bisa hanya mengandalkan oplah dan iklan, media mesti mengembangkan unit usaha lain untuk mendukung kegiatan jurnalisme media.

Baca Juga: Dukung Perpajakan, Rektor UPY Teken Nota Kesepahaman Tax Center