Find Us On Social Media :
Pesawat Garuda Indonesia bersiap lepas landas membawa personel dan logistik serta peralatan dalam misi Bantuan Kemanusiaan Indonesia menuju Turkiye dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (13/2). (Istimewa)

Garuda Indonesia Masuk The World’s Most Trustworthy Companies for 2024

Jumar Sudiyana - Jumat, 27 September 2024 | 19:09 WIB

Jakarta,Sonora.Id – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara konsisten terus memperkuat fase transformasi Perusahaan setelah melewati fase restrukturisasi lalu. Fase trasnformasi tersebut turut ditandai dengan diumumkannya rekognisi dunia yakni pada pertengahan September 2024.

Maskapai Garuda Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan 1000 Perusahaan Terbuka (Listed Company) bertajuk “The World’s Most Trustworthy Companies for 2024” yang dirilis oleh Newsweek yaitu organisasi media global asal Amerika Serikat. Dalam pemeringkatan tersebut, Garuda Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk pemeringkatan perusahaan terpercaya tersebut yang baru saja merampungkan restrukturisasi.

Pada pemeringkatan tersebut, Garuda Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-12 dari 47 Perusahaan global yang masuk ke dalam kategori Transport, Logistics, & Packaging sekaligus turut menjadi satu-satunya perusahaan penerbangan asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar pemeringkatan Newsweek.

Adapun capaian di tahun 2024 ini turut merepresentasikan peningkatan kepercayaan masyarakat dengan naik 3 (tiga) peringkat dibandingkan pemeringkatan di tahun 2023 pada kategori yang sama yaitu peringkat ke-15.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa pemeringkatan tersebut merupakan sebuah apresiasi tersendiri bagi Perusahaan atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dalam mendukung perbaikan kinerja Perusahaan terutama di fase pascarestrukturisasi dan pascapandemi lalu.

“Penghargaan ini tentunya menjadi dorongan bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam upaya berkelanjutan Perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional yang menghadirkan rasa aman dan nyaman, dan secara berkelanjutan merawat kepercayaan seluruh stakeholders yang telah diberikan kepada Perusahaan dalam kaitan mendukung kinerja sebagai entitas bisnis yang sehat dan profitable,” ungkap Irfan.

Lebih lanjut, pemeringkatan yang diberikan kepada 1000 perusahaan dari 20 negara terpilih yang terbagi ke dalam 23 kategori pemeringkatan tersebut, ditentukan berdasarkan 3 (tiga) aspek penilaian yaitu Investor Trust, Customer Trust dengan masing-masing bobot sebesar 40% dan Employee Trust sebesar 20% melalui survey kepada lebih dari 70.000 partisipan. Aspek penilaian juga turut dilihat dari hasil survey Social Listening oleh Statista melalui analisis sentimen pemberitaan di portal berita maupun di platform media sosial masing-masing perusahaan dengan hasil akhir nilai keseluruhan dalam pemeringkatan tersebut dihitung berdasarkan akumulasi dari 80% nilai survey dan 20% nilai Social Listening.

“Capaian berskala internasional ini tentunya turut selaras dengan perjalanan 5 Tahun Transformasi BUMN untuk menjadikan BUMN sebagai perusahaan-perusahaan unggulan dan berdaya saing baik di nasional maupun internasional. Sehingga berangkat dari semangat tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk senantiasa menjaga komitmen dalam mengoptimalkan rangkaian inisiatif berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat khususnya pengguna jasa,” tutup Irfan.