Find Us On Social Media :
Dirut KAI Didiek Hartantyo saat meletakan karangan bunga di TMP Cikutra Bandung, Jumat (27/9/2024) sore/ Dok. Humas Daop 2 Bdg ()

Rangkaian HUT KAI Ke 79, Jajaran Direksi KAI Tabur Bunga Di TMP Cikutra Bandung

Indra Gunawan - Sabtu, 28 September 2024 | 17:36 WIB

Bandung, Sonora.ID - Ada tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Kota Bandung yang menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Kereta Api Indonesia (Persero) ke 79, Jumat (27/9/2024) sore.

“Upacara Tabur Bunga ini dilakukan oleh jajaran direksi KAI. Ada Pak Dirut, VP Public Relation, Pak Kadaop, dan yang lainnya," ucap Vice Presiden Public Relation KAI Anne Purba, dikutip dari siaran persnya.
 
"Selain itu juga untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemajuan perkeretaapian di Indonesia. Keberhasilan perkeretaapian saat ini tidak terlepas dari pengorbanan mereka dalam upaya kemerdekaan Indonesia,” ungkap Anne.
 
Anne menuturkan, sebelum prosesi tabur bunga, jajaran Direksi KAI ini melakukan doa bersama dan penghormatan dengan suasana penuh khidmat.
 
Baca Juga: Mulai Jumat Ini Pelanggan Dapat Menikmati Ka Airlangga Rute Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi PP
 
Anne mengatakan, saat prosesi tabur bunga dimulai, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengawalinya dengan meletakkan karangan bunga di Tugu TMP Nasional Cikutra, tepat di depan Monumen Esa Hilang Dua Terbilang.
 
Selanjutnya, prosesi tabur bunga dilanjutkan oleh jajaran KAI di pusara para pahlawan.
 
“Upacara Tabur Bunga ini juga menjadi momentum bagi insan KAI untuk menjadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam melanjutkan perjuangan membangun perkeretaapian. Dengan semangat yang diwariskan oleh para pahlawan, KAI berkomitmen menghadirkan teknologi transportasi kereta api yang semakin maju dan berkelanjutan. KAI juga terus berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan berkesan bagi para pelanggan, sejalan dengan tema Safety and Sustainability," kata Anne.
 
Anne mengungkapkan, peran kereta api dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia tercatat dalam sejarah, terutama pada masa pendudukan Jepang, di mana kereta api digunakan untuk keperluan militer. 
 
Setelah kemerdekaan, kereta api menjadi alat vital dalam pergerakan para pejuang, khususnya selama agresi militer Belanda.
 
Hingga kini, kereta api terus berinovasi untuk melayani masyarakat dan mendukung distribusi logistik di seluruh wilayah Indonesia.
 
Diketahui, perayaan HUT KAI ke 79 tahun ini mengusung tema “Safety and Sustainability”, sebagai komitmen KAI terhadap keselamatan dan keberlanjutan transportasi kereta api.
 
Baca Juga: Sambut HUT Ke 15, KAI Commuter Roadshow Ke 15 Stasiun