Find Us On Social Media :
Resep es gabus. (Buku/175 Resep Minuman Favorit Sepanjang Masa)

Resep Es Gabus yang Manis, Lembut, dan Mudah Dicoba di Rumah

Arista Estiningtyas - Sabtu, 5 Oktober 2024 | 09:00 WIB

Sonora.ID - Es gabus adalah salah satu makanan penutup yang tak hanya lezat, tetapi juga memiliki tekstur yang unik. 

Dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang beragam, es gabus berhasil mencuri perhatian banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. 

Hidangan jadul ini pun seringkali menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan diri, terutama di cuaca panas. 

Es gabus terbuat dari campuran bahan dasar seperti santan dan tepung hunkwe. Anda juga bisa menambahkan berbagai rasa dan warna, seperti cokelat, pandan, atau buah-buahan, untuk memberikan variasi yang menarik. 

Es gabus tidak hanya enak, tetapi juga dapat menjadi pilihan yang menarik untuk disajikan dalam berbagai acara, mulai dari pesta ulang tahun hingga perayaan hari raya.

Berikut ini resep es gabus yang mudah diikuti, sehingga Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, dikutip dari buku 175 Resep Minuman Favorit Sepanjang Masa terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep Es Gabus yang Manis, Lembut, dan Mudah Dicoba di Rumah

Untuk: 20 potong

Bahan-bahan: 

Cara membuat es gabus

  1. Campur tepung hunkwe dengan 100 ml air tebu. Aduk hingga tepung larut. Sisihkan. 
  2. Masukkan sisa air tebu, santan, garam, dan pewarna makanan kuning ke dalam sebuah panci. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api. 
  3. Tuang larutan tepung hunkwe ke dalam panci berisi rebusan air tebu. Aduk hingga tercampur rata. Nyalakan api. Masak kembali sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat. 
  4. Tuang adonan hunkwe ke dalam loyang 16 x 8 x 5 cm yang sudah dialas plastik. Ratakan. Biarkan hingga dingin dan mengeras. 
  5. Keluarkan dari dalam loyang. Potong-potong setebal 1 cm dengan pisau bergerigi. Bungkus dengan plastik. Masukkan ke dalam lemari pembeku. Biarkan hingga beku.
  6. Sajikan selagi dingin.

Demikianlah paparan resep es gabus yang mudah, enak, dan lembut. Untuk resep masakan dan minuman lainnya, Anda bisa klik tautan di bawah ini.

Baca Juga: Resep Soun Goreng Saus Tiram, Nikmat dan Cocok Disajikan Kapan Saja

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.