Find Us On Social Media :
()

DLH PPU Hanya Tangani Perpanjangan Izin Perusahaan di IKN

Etty Hariyani - Rabu, 2 Oktober 2024 | 14:08 WIB

Penajam Paser Utara, Sonora.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) tidak lagi memiliki kewenangan untuk menerbitkan izin bagi perusahaan yang beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Karena untuk perusahaan yang beroperasi di proyek IKN untuk perizinan di IKN langsung melakukan melalui online.
 
Kepala Bidang Tata Lingkungan, DLH PPU, Agus Purwanto menjelaskan, untuk perizinan perusahaan yang ada di IKN sudah menjadi kewenangan pemeritah pusat.
 
Namun demikian, ia mengatakan bahwa sejumlah perusahaan yang sudah lama beroperasi jauh sebelum adanya IKN melakukan perubahan perizinan masih menjadi tanggung jawab DLH.
 
“Termasuk yang melakukan perpanjangan juga kami bantu dan mereka masih mengurus di DLH PPU,” jelasnya. 
 
Baca Juga: Potensi Besar, Dinas Perikanan PPU Akan Gelar Bimtek Budidaya Nila
 
Sementara itu, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang mengerjakan proyek di Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Kepala Bidang Tata Lingkungan, DLH PPU, Agus Purwanto menjelaskan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan pengawasan bagi perusahaan yang mengerjakan proyek Bandara VVIP IKN setiap tiga bulan sekali.
 
Karena sejumlah perusahaan batching plant meski sudah memiliki izin melalui online namun DLH PPU tetap mengawasi kegiatan mereka.
 
Bahkan pihaknya melakukan pengawasan bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas PUPR Penajam Paser Utara.
 
“Perusahaan yang bekerja di bandara VVIP IKN itu masih kewenangan daerah, sehingga kami setiap tiga bulan melakukan pengawasan,” jelas Agus.
 
Bahkan pihaknya meminta mereka untuk melakukan perbaikan izin tata ruang termasuk melengkapi dokumen yang belum mereka miliki.
 
Agus mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya juga telan meminta kepada dua perusahaan yang melakukan pengaspalan di Bandara IKN untuk melengkapi UKL UPL mereka.
 
“Tapi mereka taat melakukan dan pengajukan izin. Sekarang izin-izin mereka sudah ada dan lengkap tinggal kami melakukan pengawasan secara berkala,” katanya.
 
Baca Juga: Potensi Perikanan Budi Daya di Penajam Paser Utara Masih Menjanjikan