Find Us On Social Media :
PT PLN (Persero) UID Suluttenggo sukses menyelenggarakan Simulasi Tanggap Darurat dan Huru-Hara pada 26-27 September 2024 di Kantor UID Suluttenggo. ()

Tingkatkan Kesiapsiagaan, PLN UID Suluttenggo Gelar Simulasi Tanggap Darurat dan Huru-Hara

Carissa Erlinda - Rabu, 2 Oktober 2024 | 17:52 WIB

Sonora.id - PT PLN (Persero) UID Suluttenggo sukses menyelenggarakan Simulasi Tanggap Darurat dan Huru-Hara pada 26-27 September 2024 di Kantor UID Suluttenggo. Kegiatan ini melibatkan pegawai dari PLN UID Suluttenggo, UPP Sulut, UP2D Suluttenggo, serta petugas security.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh personel dalam menghadapi situasi darurat. PLN bekerja sama dengan PAM OBVITNAS Polda Sulawesi Utara dan Dinas Kesehatan untuk memastikan prosedur keselamatan sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Kegiatan dibuka oleh Senior Manager Distribusi UID Suluttenggo, Husein Sobri, selaku PLH General Manager UID Suluttenggo. “Kita berkumpul hari ini untuk mengikuti kegiatan penting dalam meningkatkan kesiapsiagaan tim, refreshment dan upskilling ini bertujuan memperbarui pengetahuan serta memastikan semua personel siap menghadapi situasi darurat” jelas Husein.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi dari Dinas Kesehatan mengenai cara memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan akibat huru-hara, yang kemudian dilanjutkan oleh PAM OBVITNAS dengan penjelasan tentang prosedur penanganan huru-hara.

Ditempat terpisah, General Manager Atmoko Basuki menekankan pentingnya kegiatan ini untuk diikuti dengan baik “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan seluruh personel dalam menghadapi berbagai ancaman yang berpotensi terjadi, keselamatan adalah prioritas utama kami “Ujar Atmoko.

Ia juga menambahkan bahwa proses ini tidak hanya berfokus pada pembelajaran, tetapi juga pada penerapan pengetahuan dalam situasi nyata melalui simulasi untuk memastikan keselamatan bersama.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesiapan seluruh karyawan dan personel dalam menghadapi situasi darurat. Petugas keamanan diuji kemampuan dan kesigapannya dalam menangani berbagai ancaman di PLN UID Suluttenggo, yang merupakan Obyek Vital Nasional.

Simulasi dalam kegiatan ini mencakup beberapa skenario, antara lain:

  1. ⁠Pengendalian situasi huru-hara dengan dukungan dari tim keamanan internal dan aparat setempat, yang bertujuan untuk memastikan ketertiban dan keamanan.
  2. Pelatihan koordinasi tim evakuasi dan penyelamatan dalam situasi darurat, dengan tujuan utama menjaga keselamatan semua pihak yang terlibat.

PLN UID Suluttenggo terus berkomitmen untuk secara rutin menggelar pelatihan simulasi tanggap darurat. Inisiatif ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan petugas keamanan, tetapi memastikan Langkah-langkah tanggap darurat sesuai dengan SOP yang berlaku. Selain itu, pelatihan ini akan memperkuat koordinasi antara tim internal dan eksternal di lingkungan PLN UID Suluttenggo, guna memastikan kesiapsiagaan optimal dalam menghadapi berbagai situasi darurat.