Find Us On Social Media :
Kepala Dinas Perikanan Kab.Penajam Paser Utara - Rozihan Azward bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Perizinan - Lomo Sabani saat talkshow bersama Smart FM Balikpapan, 30 September 2024 ()

Diskan PPU Dorong Praktik Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan

Etty Hariyani - Kamis, 3 Oktober 2024 | 15:24 WIB

PPU, Sonora.ID - Diskan Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU berupaya untuk mendorong praktik penangkapan ikan yang ramah lingkungan agar dampak negatif terhadap populasi ikan dan habitatnya dapat diminimalkan.

Demikian diungkapkan Kepala Diskan PPU - Rozihan Azward, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Perizinan - Lomo Sabani.

Menurut Rozihan, keberlanjutan dalam sektor perikanan merupakan tanggung jawab bersama.

Ia pun berharap para nelayan dan masyarakat dapat bersatu untuk menjaga kelestarian sumber daya perikanan.

Menurutnya, ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi saat ini, tetapi juga untuk memastikan masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Nanang Ali Harap Pemkab dan DPRD Terus Berjuangkan Jembatan Tol Penajam-Balikpapan

Dengan kolaborasi yang kuat, Diskan PPU yakin bahwa sektor perikanan dapat berkembang secara berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Diskan menegaskan komitmennya untuk tidak hanya meningkatkan produktivitas sektor perikanan, tetapi juga memastikan keberlanjutan dalam pengelolaannya.

Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar sumber daya perikanan dapat dimanfaatkan secara bijaksana dan tidak merusak ekosistem yang ada.

Rozihan menyatakan, pemahaman mengenai perikanan lestari telah dikenal luas di kalangan nelayan dan kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di Penajam Paser Utara.

Diakuinya, Diskan PPU aktif melakukan sosialisasi tentang pentingnya pelestarian perikanan.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan nelayan dan Pokdakan melalui forum dan pelatihan yang terstruktur. 

Baca Juga: Pelayanan Kesehatan di PPU Kurang Memuaskan, Sujiati Ungkap Ada Dokter Salah Diagnosa Penyakit