Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh studi kasus sepanjang 500 kata untuk uji kompetensi pendidikan guru. (Pexels)

2 Contoh Studi Kasus 500 Kata untuk Uji Kompetensi Pendidikan Guru

Selando Naendra Radicka - Jumat, 4 Oktober 2024 | 14:50 WIB

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai beberapa contoh studi kasus sepanjang 500 kata untuk uji kompetensi pendidikan guru.

Studi kasus merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan untuk menggali lebih dalam tentang suatu permasalahan atau fenomena di dalam kehidupan nyata.

Contohnya, dalam dunia pendidikan, studi kasus dapat diaplikasikan untuk mengevaluasi metode pengajaran, menemukan permasalahan dalam proses belajar mengajar, dan merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Pada proses Pendidikan Profesi Guru (UKPPG), peserta diwajibkan untuk membuat laporan studi kasus sepanjang 500 kata sebagai salah satu bentuk evaluasi.

Laporan ini penting sebagai tahap yang harus dilalui oleh peserta.

Dalam laporan tersebut, para peserta harus mampu menjelaskan masalah yang dihadapi, serta memberikan solusi berdasarkan teori dan praktik pendidikan yang ada.

Laporan studi kasus juga berfungsi sebagai indikator kemampuan peserta dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan laporan ini hanya 30 menit.

Tujuan UKPPG

Baca Juga: 20 Contoh Soal Barisan Aritmatika, Lengkap dengan Pembahasan

Sesuai dengan petunjuk teknis Uji Kompetensi Peserta PPG tahun 2024, tujuan utama dari UKPPG adalah untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan PPG, mengukur kualitas pembelajaran, serta mengevaluasi proses belajar mengajar.