Find Us On Social Media :
Ilustrasi 7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru Honorer yang Profesional (unsplash.com)

7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru Honorer yang Profesional

Debbyani Nurinda - Jumat, 4 Oktober 2024 | 13:46 WIB

Sonora.ID – Berikut beberapa contoh deskripsi pengalaman kerja guru honorer menarik dan profesional yang bisa dijadikan referensi.

Salah satu persyaratan yang harus diisi calon pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah deskripsi pengalaman kerja atau deskripsi diri PPPK guru.

Nah, karena pengisian deskripsi pengalaman kerja ini hanya bisa menggunakan maksimal 3000 karakter.

Informasi yang disampaikan harus padat dan jelas namun tetap mampu menggambarkan potensi diri agar menjadi pertimbangan oleh panitia seleksi.

Isi dari deskripsi pengalaman kerja guru honorer mencakup tentang informasi data diri, lama bekerja, nama instansi tempat bekerja, pengalaman selama bekerja, hingga penghargaan apabila ada.

Baca Juga: 10 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023 yang Benar dan Menarik!

Sebagai referensi berikut 7 contoh deskripsi pengalaman kerja guru honorer yang menarik dan profesional.

1. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru Honorer

Perkenalkan nama saya Julianto Rahman. Saya bekerja sebagai guru honorer di SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar sejak Januari 2020 sampai Agustus 2024.

Selama menjalani peran ini, saya berperan merancang dan menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum berlaku. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang kreatif untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami konsep-konsep yang diajarkan dengan baik.

Saya secara aktif melakukan evaluasi kemajuan belajar pada siswa melalui penilaian berkala, ujian, dan proyek kelompok. Saya juga menyediakan bimbingan tambahan untuk siswa yang membutuhkan.

Pengalaman saya sebagai guru telah memperdalam keterampilan dalam komunikasi, pengembangan kurikulum, dan manajemen kelas. Sebagai guru saya dapat memperkuat komitmen di dunia pendidikan untuk mengembangkan karakter siswa.

2. Contoh Deskripsi Pengalaman PPPK Guru

Perkenalkan nama saya Raditya Purnomo seorang guru Kesenian yang telah mengabdikan diri selama 6 tahun lamanya. Saya merupakan seorang lulusan Seni Rupa dari Universitas Taruna Bangsa. Meskipun tercatat sebagai non-ASN, saya menunjukkan dedikasi yang tinggi sebagai seorang pendidik maupun perwakilan dari sekolah di bidang kesenian.

Selain memiliki ketertarikan untuk menjadi pendidik di dunia pendidikan, saya juga secara aktif terlibat dalam pelestarian kesenian di lingkungan masyarakat. Saya memiliki kecintaan yang mendalam terhadap seni dan budaya asli Indonesia. Saya merupakan anak dari pegiat kesenian yang telah lama menyerukan tentang pelestarian kesenian. Hal inilah yang membuat saya termotivasi untuk memperkenalkan kesenian kepada anak-anak didik saya di sekolah.

Saya mengajak anak-anak untuk ikut dalam seminar yang diselenggarakan di kampus maupun lembaga-lembaga. Seminar tersebut bertemakan tentang seni dan budaya yang merupakan hal penting untuk dilestarikan oleh setiap bangsa Indonesia. Sebagian besar seminar yang diikuti oleh anak-anak didik saya melibatkan pembicara-pembicara yang berasal dari pegiat kesenian. Salah satunya adalah saya yang selama ini dikenal sebagai sosok yang cukup vokal dalam upaya pelestarian kesenian.

Tidak hanya di luar kelas, pada saat di dalam kelas saya juga berusaha untuk menciptakan situasi pembelajaran yang mampu membuat anak-anak untuk mencintai kesenian yang berasal dari tanah air mereka. Salah satu upaya yang saya lakukan adalah dengan mengajak anak-anak untuk bermain alat musik dan menyanyikan lagu-lagu daerah yang selama ini kerap ditinggalkan oleh sebagian orang.

Menurut saya lagu-lagu daerah menjadi salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan. Di tengah gempuran lagu-lagu baru dan viral yang banyak didengarkan oleh masyarakat, saya berharap anak-anak didik saya masih tetap mendengarkan lagu-lagu daerah. Tidak hanya sekadar menyanyikan lagu-lagu tersebut, saya juga ingin anak-anak bisa mengekspresikan kreativitas mereka dengan baik. Hal ini diharapkan dapat membuat anak-anak berkontribusi secara aktif dalam pelestarian kesenian.

Saya juga secara aktif mengunggah hasil pembelajaran yang telah didapatkan anak-anak terkait kesenian di media sosial maupun saluran YouTube. Cara ini diharapkan dapat membuat dampak yang positif, tidak hanya bagi anak-anak didik saya, tetapi juga masyarakat secara lebih luas. Kemudian saya juga secara aktif membagikan informasi seputar lomba-lomba kesenian yang dapat diikuti oleh anak-anak.

Saya berharap dapat bergabung menjadi salah satu guru Kesenian di sekolah ini. Besar harapan saya untuk dipilih sebagai PPPK agar saya mendapatkan kesempatan yang lebih luas untuk menyebarkan wawasan yang berkaitan kesenian dan budaya asli Indonesia. Saya juga berharap dapat menjadi PPPK demi memiliki kesempatan untuk secara aktif terlibat dalam berbagai penelitian guru yang memfokuskan tentang pelestarian kesenian di Indonesia. Demikian perkenalan dari saya. Terima kasih.

3. Contoh Deskripsi Pengalaman PPPK Guru