Find Us On Social Media :
()

Pemkab Kubu Raya Serahkan Honorarium Tahap Ke III Kepada Petugas Fardhu Kifayah dan Guru Ngaji

Wilhelmus Triputra - Jumat, 4 Oktober 2024 | 19:43 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID - Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menghadiri acara Penyerahan Honorarium Tahap Ke - III Petugas Fardhu Kifayah dan Guru Ngaji Kabupaten Kubu Raya, yang digelar di Aula Praja, Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (4/10/2024). 

Dalam kehidupan masyarakat Muslim terdapat dua profesi yang memiliki peran penting dalam menjaga pelaksanaan ajaran agama dan nilai - nilai sosial yaitu  Furdhu Kifayah dan Guru Ngaji.

Kehadiran mereka tidak hanya memenuhi tuntutan keagamaan tetapi juga memperkuat jalinan solidaritas dan pembinaan moral. 

Jumlah penerima Honorarium di tahun 2024 yaitu sebanyak 1.556 orang yang terdiri dari: Petugas Fardhu Kifayah 490 orang, dan Guru Ngaji 1.066 orang. 

Baca Juga: Nama Malaikat Pencabut Nyawa di Agama Kristen Menurut Alkitab

"Hari ini adalah penyerahan Honorarium Fardhu Kifayah di Triwulan ke 3. Program ini oleh Pemerintah Kubu Raya untuk memberikan Honorarium kepada para Fardhu Kifayah sebanyak 490 orang yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Kubu Raya, "jelas Kamaruzaman.

Demikian juga untuk Guru Ngaji yang jumlahnya yaitu 1.066, ini tahap ke tiga pembagian Honorarium kepada petugas tersebut. 

Kamaruzaman menjelaskan hal tersebut penting, pertama, Fardhu Kifayah bertugas untuk mengemas jenazah bagi orang meninggal sampai pada proses penguburan. 

"Kalau dalam istilah Islam, itu kalau misalkan ada yang meinggal tidak diurus itu sekampung dapat dosa. Sehingga Pemerintah Daerah hadir untuk memberikan perhatian terhadap hal itu, "ungkap pria yang akrab Abhi itu. 

Kemudian yang kedua untuk Guru Ngaji yang memberikan dampak positif yaitu bagaimana mewujudkan insan - insan Qurani bagi masyarakat Kubu Raya.

Sehingga dengan kemampuan dalam membaca Alquran dengan baik dan benar itu dapat memberikan ketenangan dan keteduhan.

Hal itu tergambar dalam suasana di Kabupaten Kubu Raya.

"Kita berharap dengan mencetak insan Qurani yang mampu memberikan doa dan dukungan terhadap pelanggaran terhadap penyelenggaraan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kubu Raya, " pungkasnya.

Baca Juga: 20 Kalimat Belasungkawa Berdasarkan Ajaran Agama Kristen.