Find Us On Social Media :
Kardinal Ignatius Kardinal Suharyo (Katolik News)

Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta

Jumar Sudiyana - Jumat, 4 Oktober 2024 | 21:54 WIB

Jakarta,Sonora.Id - Kecintaan Paus Fransiskus terhadap anak-anak sudah dikenal oleh seluruh umat Katolik di dunia. Bentuk kecintaannya ditandai dengan diadakannya kegiatan Hari Anak Sedunia (World Children's Day/WCD) pada tanggal 25–26 Mei 2024 di Vatikan, Italia. Kegiatan ini adalah kegiatan yang diinisiasi oleh Paus Fransiskus sebagai bentuk kepedulian Beliau terhadap anak-anak.

Dimana tema World Children’s Day adalah “Lihat, kujadikan baru segala sesuatu.” Anak-anak menandakan dan membawa kebaharuan dalam kehidupan sebagaimana hidup Gereja yang baru terus menerus dihembusi oleh Roh Tuhan.

Terinspirasi oleh World Children’s Day ini, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ingin turut ambil bagian dalam mewujudkan kepedulian terhadap anak-anak; maka KAJ dalam kerjasama dengan 5P Global Movement (5P Kids) menyelenggarakan Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2024, di Ciputra Artpreneur, Ciputra World, Kuningan, Jakarta Selatan dengan Tema “Anak Indonesia Sehat, Anak Bersahabat dan Anak Jadi Berkat.”

Adapun kegiatan ini kami harapkan akan menjadi awal dari sebuah Gerakan Kepedulian terhadap Anak Indonesia di masa  mendatang. Bersamaan dengan kegiatan ini, juga  sekaligus mensyukuri 5 Tahun Pelantikan Kardinal Ignatius Suharyo.

Dalam rangkaian kunjungan Sri Paus Fransiskus ke Indonesia salah satunya ke Grha Pemuda, Katedral Jakarta pada 4 September 2024 yang lalu, Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta sudah direstui oleh Sri Paus. Salib Belarasa serta apparel Hari Anak pun sudah diberi berkat.  Hari Anak KAJ ini akan diikuti oleh kurang lebih 1000 anak-anak yang terdiri dari anak-anak dari 68 Paroki di KAJ, sekolah-sekolah,  Anak Berkebutuhan Khusus, Perkumpukan Sekolah Strada, Panti Asuhan dan didampingi 500 pendamping dan panitia.

Kegiatan HA KAJ antara lain  permainan konstruktif Kristiani berdasarkan kategori usia sekolah yaitu kelompok TK, Kelompok SD Kecil (Kelas 1 sd 3) dan Kelompok Besar (Kelas 4 sd 6) dan akan ditutup dengan Misa Syukur dipersembahkan oleh Kardinal Ignatius Suharyo. Dalam kesempatan ini pula akan diberkati Salib Belarasa besar dan dilakukan Deklarasi Anak untuk Indonesia yang dibacakan oleh 7 anak terpilih, serta cap tangan oleh 9 anak dari Dekenat di Keuskupan Agung Jakarta.  Mitra kerjasama kegiatan ini: 5P Global Movement (5P Kids), KAJ, PPADR KAJ.