Find Us On Social Media :
Pj Gubernur Bey Machmudin saat pelantikan pengurus AMSI Jabar periode 2024-2027 di Savoy Homann, Bandung, Jumat (4/10/2024). (Dok. Diskominfo Jabar)

Bey Harap AMSI Dapat Tingkatkan Literasi Digital Warga Jabar

Indra Gunawan - Minggu, 6 Oktober 2024 | 11:48 WIB

Bandung, Sonora.ID - Saat melantik pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Jawa Barat (Jabar) di Savoy Homann Bandung, Jumat (4/10/2024), Penjabat Gubernur Bey Machmudin berharap kehadiran AMSI dapat dirasakan oleh warga Jabar.

"Selamat bertugas untuk para pengurus AMSI Jabar periode 2024 - 2027, semoga segera dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi agar literasi digital warga Jabar semakin meningkat," kata Bey, dikutip dari siaran pers Diskominfo Jabar, Sabtu (5/10/2024).

Disebutkan bahwa Pemprov Jabar membuka peluang kerjasama dengan AMSI. Di mana menurutnya, di era disrupsi saat ini, sangat penting pemahaman digital guna menangkal penyebaran berita hoaks, misinformasi, dan disinformasi yang berpotensi memecah belah bangsa.

"Kami berharap AMSI dapat membantu dalam menjawab hoaks dengan berita-berita yang kredibel dan terpercaya," kata Bey.

Lebih lanjut Bey menyebut, literasi digital yang harus dimiliki masyarakat bukan hanya sekadar bisa mengoperasikan gawai, tapi juga perihal keamanan siber (cyber security) agar tidak kena malware yang merugikan pengguna.

Terpenting, kata Bey, AMSI diminta kontribusinya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, sampai tahapan mampu mencerna, memahami, menilai, dan menimbang informasi yang tersebar dari gawai.

Bey juga berpendapat, tantangan media siber saat ini adalah untuk bersaing dengan citizen journalism maupun platform digital (media sosial) non - jurnalistik yang juga menyajikan berbagai informasi kepada masyarakat.

“Ini tantangan buat kita semua, AMSI harus bisa memastikan setiap pemberitaan tidak hanya cepat, tapi juga berkualitas dan terverifikasi, karena itu yang sangat ditunggu masyarakat,” tegas Bey.

"AMSI harus jadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang cepat, akurat, dan kredibel kepada masyarakat," pungkasnya.

Bey menyatakan Pemdaprov akan selalu menjadikan AMSI sebagai mitra terbaik untuk berkolaborasi dalam mengakselerasi berbagai program pembangunan.

“Kami sampaikan selamat kepada pengurus AMSI Jabar yang dilantik. Semoga AMSI ke depan semakin hebat," tutup Bey.