Find Us On Social Media :
Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Zainal Arifin Melaunching Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara ()

Akselerasi Serambi Nusantara 'Beautifikasi Coastal Road' sebagai Sistem Ruang Terbuka Hijau

Etty Hariyani - Minggu, 6 Oktober 2024 | 12:24 WIB

Penajam, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Zainal Arifin me-launching Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara "Beautifikasi Coastal Road". Dalam Upaya membangun ruang interaksi publik dan pemulihan lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah jabatan Bupati PPU. pada Sabtu (5/10/2024) pagi sebagai wujud pemulihan lingkungan yang selaras dengan citra kabupaten PPU "Membara" (Membangun Bersama Serambi Nusantara).

Pj Bupati PPU, Zainal Arifin mengatakan dengan menanam pohon dan tanaman sepanjang 5,85 km di sepanjang jalan coastal road yang terletak di kelurahan Sungai Paret dapat memperbaiki sekaligus mempercantik sarana dan prasarana sebagai sistem ruang terbuka hijau yang indah serta memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Lanjut Zainal, melalui penanaman pohon dan tanaman di area coastal road sebagai langkah awal untuk mendorong kesadaran bersama untuk pemulihan lingkungan, pembersihan lingkungan, dan menjaga kualitas lingkungan hidup.

Sebab bumi tempat kita bergantung tergantung kepada kita. Kita yang harus menjaganya, kita yang harus memeliharanya, kita yang harus memulihkannya, kita yang harus memperbaikinya. Karena kita tergantung kepada bumi," ucapnya.

Zainal menekankan untuk kedepan kelurahan/desa ataupun sekolah di kabupaten PPU harus mempunyai kebun buah produktif, tujuannya meningkatkan produktivitas lahan, menambah tutupan lahan, dan hasil buahnya akan dirasakan oleh masyarakat.

Pemerintah Kabupaten PPU akan terus mendorong serta menyediakan bibit produktif secara gratis demi terciptanya pemulihan lingkungan di benuo taka," tutupnya.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Joko Istanto, Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), para Asisten, dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU termasuk camat dan lurah di PPU, serta tokoh Adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.