Find Us On Social Media :
Ilustrasi kunci jawaban post test PPA Umum 1-3 PMM (freepik.com)

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1-3 PMM, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Modul PPG 2024

Gema Buana Dwi Saputra - Senin, 7 Oktober 2024 | 14:20 WIB

Sonora.ID - Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan kunci jawaban post test PPA Umum 1-3 PMM yang dapat disimak.

Soal pos test PPA Umum 1-3 terdapat dalam salah satu modul PPG 2024, yaitu Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Terdapat sejumlah soal yang bisa dipelajari oleh guru sebagai sarana latihan pemahaman PPG 2024.

Berikut Sonora ID bagikan kunci jawaban post test PPA Umum 1-3 PMM yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPG Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE 2024

Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1

1. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang anda lakukan jika berada pada situasi ini?

A. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik

B. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing

C. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik

D. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik

E. Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan

Kunci Jawaban : C

2. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar.

B. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli.

C. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat.

D. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut.

E. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.

Kunci Jawaban: E

3. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa jawa ketikan menjelaskan sesuatu, meskipun Bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?

A. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia.

B. Menggunakan Bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas.

C. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar.

D. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi.

E. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa.

Kunci Jawaban: A

4. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing.

B. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya.