Find Us On Social Media :
Kelompok UMKM Kuliner Berbasis Olahan Ikan. ( (Ist))

Dinas Perikanan PPU Bantu UMKM Kuliner Berbasis Olahan Ikan

Etty Hariyani - Senin, 7 Oktober 2024 | 15:19 WIB

Sonora.ID - Banyaknya hasil budidaya ikan lokal di Kabupaten Penajam Paser Utara, membuat masyarakatnya memanfaatkan peluang dengan membentuk UMKM kuliner berbasis olahan ikan. Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU pun mengaku telah membantu pelaku UMKM kuliner berbasis olahan ikan tersebut agar produksinya bisa dikenal luas.

Kabid Penguatan Daya Saing Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) – Amirullah menjelaskan ada banyak jenis olahan pangan yang sedang dikembangkan, seperti keripik ikan, abon, dan stik ikan.

Bantuan yang diberikan kepada UMKM pada bulan Maret 2024 tersebut mencakup etalase kaca untuk memamerkan produk olahan hasil kreativitas masyarakat desa, yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, alat dapur yang diperlukan seperti panci, wajan, dan kompor mata seribu, lengkap dengan tabung gas elpiji 5 kg. Bantuan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan produksi olahan pangan berbahan dasar ikan dan setiap kelompok UMKM memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga bantuan yang diberikan pun sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sementara itu untuk memasarkan produk UMKM ini, Dinas Perikanan mensinergikan pemasaran dengan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), yang dilaksanakan sepanjang tahun 2024. Program ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk UMKM sekaligus meningkatkan kualitas gizi masyarakat. (ADV)