Find Us On Social Media :
Acara Pembukaan Peparnas XVII (kompas.com)

Presiden Jokowi Resmi Membuka Peparnas XVII Solo di Stadion Manahan

Ria FM Solo - Senin, 7 Oktober 2024 | 16:05 WIB

Surakarta, Sonora.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

Acara pembukaan ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu, 6 Oktober 2024, dan dihadiri oleh ribuan atlet, official, serta penonton. Peparnas XVII merupakan ajang olahraga nasional bagi atlet disabilitas, yang digelar dari tanggal 6 hingga 13 Oktober 2024.

Presiden Jokowi tampak mengenakan jaket olahraga khusus Peparnas XVII Solo 2024. Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun, serta pejabat lainnya turut hadir. Ribuan atlet dari 35 provinsi Indonesia juga terlibat dalam ajang ini, yang akan berkompetisi dalam 20 cabang olahraga.

Upacara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 berlangsung pada Minggu malam, 6 Oktober 2024. Rangkaian acara dimulai pukul 19.00 WIB dan diwarnai dengan parade atlet, aksi musisi disabilitas, serta pertunjukan seni daerah.

Baca Juga: Flyover Manahan Telan Korban Lagi, Sebabkan Pedagang Sayur Boyolali MD

Sebelumnya, acara telah dimulai sejak pukul 15.00 WIB, saat pengunjung mulai berdatangan di stadion dan dihibur oleh grup musik Base Jam di area festival di luar stadion.

Acara pembukaan dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Peparnas XVII diadakan di kawasan Soloraya, yang meliputi Kota Solo, serta tiga kabupaten lainnya yaitu Boyolali, Karanganyar, dan Sukoharjo.

Total terdapat 20 cabang olahraga yang akan dilaksanakan di berbagai venue di wilayah ini, dengan Solo menjadi pusat acara yang menggelar pembukaan, penutupan, serta 16 cabang olahraga.

Peparnas XVII Solo 2024 merupakan ajang olahraga nasional khusus bagi atlet disabilitas, bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan dan daya juang para atlet dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi para atlet disabilitas Indonesia, terutama yang telah berhasil menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2017, 2022, dan 2023. Peparnas ini diharapkan tidak hanya melahirkan atlet-atlet berprestasi, namun juga menjadi panggung kesetaraan.

Acara pembukaan diawali dengan parade para atlet dari 35 provinsi yang berkompetisi dalam 20 cabang olahraga. Kemudian, ditampilkan pertunjukan seni dari musisi dan penari disabilitas. Dua bintang tamu utama, yaitu grup musik legendaris God Bless dan penyanyi dangdut Yeni Inka, turut memeriahkan acara.


Penulis: Fransiska Dinda