Find Us On Social Media :
Dinas Perikanan PPU saat memberikan pendampingan dan bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan. ( (Ist))

Penajam Paser Utara Produksi Tepung Ikan

Etty Hariyani - Senin, 7 Oktober 2024 | 16:12 WIB

Sonora.ID - Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU saat ini menjadi penghasil tepung ikan di Kaltim. Hal ini menyusul melimpahnya produk budidaya ikan di PPU dan juga upaya untuk membuat pakan ikan yang berkualitas dan hemat. Diketahui, selain dari tanaman indigofera, tepung ikan juga dapat digunakan sebagai pakan ikan air tawar.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) - Rozihan Azward mengatakan, saat ini pihaknya memberikan bantuan pendampingan untuk kelompok pembudidaya ikan air tawar dan payau untuk pengolahan tepung ikan tersebut. Apalagi tepung ikan PPU saat ini juga telah di pasarkan di daerah lainnya, sehingga akan lebih banyak produksi yang dibuat.

Menurutnya pakan ikan yang berkualitas dapat diperoleh dari tepung ikan dan tepung ikan merupakan produk olahan setengah jadi yang dihasilkan dari daging ikan yang dimasak dan diproses menjadi bubuk kasar. Bahan ini sangat penting sebagai pakan ikan karena kaya akan protein dan asam amino, yang esensial untuk pertumbuhan ikan.

Baca Juga: Dinas Perikanan PPU Beri Bantuan Penunjang UMKM Kuliner Perikanan

Kandungan protein dalam tepung ikan berkisar antara 60 hingga 72 persen dan juga mengandung komponen lain seperti abu, minyak ikan, mineral, dan air.

Dengan penyediaan pakan yang berkualitas diharapkan produktivitas perikanan air tawar di Kabupaten PPU dapat meningkat signifikan.

Melalui bantuan dan pendampingan yang diberikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten PPU, tantangan dalam penyediaan pakan bagi budidaya ikan, baik air tawar maupun air payau, diharapkan dapat diatasi.

“Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian dalam sektor perikanan di Benuo Taka, sehingga para pembudidaya ikan dapat lebih berdaya saing dan mandiri di masa mendatang,” pungkasnya. (Adv)